Antisipasi LSD, Pemkot Probolinggo Pantau Sapi Warga

Probolinggo – Setelah Penyakit Kuku dan Mulut (PMK) mereda, kini muncul penyakit yang menyerang sapi yakni, Lumpy Skin Disease (LSD). Meski belum ada laporan di Kota Probolinggo, namun Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan tetap waspada dan terus memantau sapi milik warga.

Dokter hewan Kecamatan Kedopok dan Kademangan DPKPP, drh. Mitta Yuni Lestari mengatakan, LSD merupakan penyakit infeksi pada sapi dan kerbau berupa benjolan atau nodul-nodul yang keras pada kulit sapi, di hampir seluruh bagian tubuh.

“Untuk penyebaran atau penularan penyakit LSD pada sapi dan kerbau melalui lalat, nyamuk, sehingga jika terjadi benjol-benjor pada sapi sebaiknya harus diobservasi dahulu untuk dilakukan pemeriksaan oleh dokter hewan,” ujarnya, Rabu (18/1/2023).

Selain tanda benjolan, LSD dapat menyebabkan sapi atau kerbau tidak nafsu makan. Yang paling parah sapi yang terjangkit ini dapat menyebabkan kematian.

“Meski sembuh, ada dampak yang ditimbulkan akibat penyakit LSD ini. Untuk penyembuhan atau pencegahan melalui vaksinasi,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan Kota Probolinggo, Aries Santoso mengatakan, saat ini pihaknya terus mengawasi dan memantau penyakit LSD terhadap hewan ternak milik warga di wilayah Kota Probolinggo, sembari melakukan vaksinasi PMK.

“Saat ini kami terus melakukan vaksinasi PMK ke sapi milik warga sembari melakukan pengawasan dan pemantauan penyakit LSD. Sejauh ini, belum ada laporan dari petugas surveilance lapangan terkait penyakit LSD,” ujarnya.

Namun demikian, DKPPP mengimbau kepada pemilik yang sapinya terpapar PMK maupun LSD, sebaiknya tidak memobilisasi atau membawa sapinya ke pasar hewan, agar sapi-sapi lain tidak tertular penyakit ini.

“Kami mengimbau kepada pemilik jika sapinya terpapar baik PMK maupun LSD untuk tidak dibawa ke pasar. Hal itu untuk antisipasi penyebaran LSD ini,” imbuhnya.

Baca Juga  Empat Korban Kecelakaan KA vs Kijang Sales Pakan Udang

Diketahui, di Jawa Timur sudah terdapat beberapa kota/kabupaten yang hewan ternaknya terpapar penyakit LSD. (*)

 

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga

TPID Kota Probolinggo Buka Warung Sembako, Harga tak Menguras Kantong

Probolinggo,- Pemerintah Kota (Pemkot) Probolinggo melalui Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah dan Perdagangan (DKUMP), …