700 Ribu Warga Probolinggo Akan Divaksin Covid-19

KRAKSAAN-PANTURA7.com, Wacana vaksinisasi di Kabupaten Probolinggo tinggal menunggu hari. Saat ini, Satgas Percepatan dan Penanganan Covid-19 setempat sudah menyiapkan sarana-prasara untuk kebutuhan vaksinasi obat anti-corona virus tersebut.

Jubir Satgas Percepatan dan Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo, dr. Shodiq Tahjono menyampaikan, persiapan kebutuhan menyambut kedatangan vaksin itu sudah mendekati 100 persen.

Ketika nanti vaksin itu tiba, tutur Shodiq, pihaknya tinggal menyiapkan penyimpanan sebelum vaksin didistribusikan ke khalayak.

“Diperkirakan sasaran vaksin nanti bisa distribukan pada 704.166 orang, tapi kami tidak bisa memastikan kapan vaksin itu datang dan didistribusikan. Sebab, penyaluran vaksin mengikuti kebijakan dari pemerintah pusat,” kata dr. Shodiq, Jum’at (11/12/2020).

Sarana prasarana yang disediakan saat ini, lanjut dr. Shodiq, berupa satu buah cold room (ruang pendingin) dengan kapasitas 12 ribu liter, satu unit mobil yang dilengkapi refrigator sebagai alat angkut vaksin; sebuah freezer dan dua lemari penyimpan vaksin.

“Ada 61 lemari penyimpan vaksin di sejumlah puskesmas; dan 282 vaksin carier. Kebutuhan itu sudah kami siapkan di Dinkes (Dinas Kesehatan). Sehingga bisa langsung digunakan ketika vaksin datang,” ungkap dia.

Sasaran awal vaksin Covid-19, sambung dr. Shodiq, nantinya akan dibagi menjadi 3 gelombang. Pertama, sasasarnya adalah petugas kesehatan kemudian disusul instansi yang memiliki kontak erat dengan masyarakat.

“Seperti TNI/Polri, Satpol PP, PDAM, PLN, Dishub atau instisusi yang memberi pelayanan dan bersentuhan langsung dengan masyarakat. Terakhir itu ASN (Aparatur Sipil Negara) atau tenaga pendidik,” ujar menjelaskan. (*)


Editor : Efendi Muhammad
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga  Pekan Depan, Pemkot Probolinggo Tutup Pasar Hewan Wonoasih

Baca Juga

Manfaat Mengkonsumsi Nasi Beku bagi Tubuh, Jaga Berat Badan dan Sembuhkan Diabetes

Probolinggo,- Mengkonsumsi nasi beku dalam beberapa waktu terakhir menjadi tren di kalangan masyarakat. Selain membuat …