379 Narapidana Dibebaskan, Rutan Kraksaan Tetap Overload 

Kraksaan,- Sebanyak 379 orang warga binaan Rumah Tahanan (Rutan) Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, dibebaskan sepanjang tahun 2022. Meski demikian, rutan kelas IIB itu tetap overload.

Kepala Rutan Kraksaan Alzuarman mengatakan, sebanyak 142 orang warga binaan dibebaskan berdasarkan Asuransi Rumah (Asrum). Kemudian, 99 warga binaan bebas secara murni.

“Jumlah total yang dibebaskan dari rutan sebanyak 79 orang. Dari jumlah itu, 99 orang bebas secara murni dalam artian tanpa syarat dan hal lain-lainya,” ujar Rasi, Senin (9/1/23).

Kemudian, sejumlah 50 warga binaan dibebaskan berdasarkan Cuti Bersyarat (CB) dan satu orang bebas berdasarkan Cuti Menjelang Bersyarat (CMB). Lalu ada warga binaan yang bebas berdasarkan Pembebasan Bersyarat (PB) sebanyak 83 orang.

“Semua narapidana yang bebas berdasar syarat, itu sesuai dengan pengajuan syaratnya masing-masing dan tentunya sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan,” urai dia.

Rasi mengatakan, meski warga binaan yang bebas mencapai ratusan orang, namun Rutan Kelas IIB Kraksaan masih overload. Sebab rutan hanya cukup untuk menampung sekitar 250 orang.

Namun yang saat ini warga binaan yang tinggal di Rutan Kelas IIB Kraksaan justru mencapai 437 orang. Terdiri dari nara 352 orang tahanan laki-laki dan 85 orang tahanan perempuan.

“Betul rutan masih tetap overload meskipun sudah ada yang dibebaskan,” ungkap Rasi. P

 

Editor: Efendi Muhammad

Publisher: Zainullah FT

Baca Juga  Efek Covid-19, Rutan Kraksaan Tak Terima Kunjungan Keluarga Warga Binaan

Baca Juga

Motor Ditendang, Emak-emak Glamor di Besuk Jadi Korban Jambret 

Probolinggo,- Aksi nekad pelaku kejahatan terjadi di siang bolong. Kali ini, maling beraksi di Desa …