Urkes Polresta: Tak Ada Warga Giliketapang Sakit Akibat Sulit Air Bersih

Probolinggo – Tak hanya memberikan bantuan air bersih, air mineral, hingga susu kemasan, bakti sosial yang digelar Forkopimda Kota Probolinggo ini juga melayani pemeriksaan kesehatan dan pengobatan warga Pulau Giliketapang. Hasilnya, tidak ada warga yang mengalami gejala sakit akibat krisis air bersih.

Ada dua lokasi cek kesehatan yang didirikan Polresta, Kodim 0820, dan Pemkot Probolinggo. Kedua tempat cek kesehatan ini setelah dibuka langsung didatangi warga.

Dari puluhan warga yang melakukan cek kesehatan, tidak ada warga yang mengalami gejala sakit akibat mengkonsumsi air tidak bersih, salah satunya gangguan pencernaan.

“Beberapa warga yang melakukan cek kesehatan ini rata-rata akibat kecapekan kerja. Tidak ada warga yang mengalami gejala akibat mengkonsumsi air tidak bersih, namun ada salah satu warga yang mengalami gejala penyakit kulit, namun diperkirakan bukan akibat air laut,” ujar Dokter Urkes Polres Probolinggo Kota, dr. Norman Kiswara, Rabu (4/1/2023).

Keluhan yang paling banyak disampaikan yakni kelelahan. Petugas kemudian memberikan vitamin kepada warga, serta meminta untuk banyak istirahat, hingga makan yang teratur, agar kesehatan badan tetap terjaga.

“Dengan telah di distribusikan air bersih, serta air mineral kemasan, saya harapkan warga untuk mengkonsumsinya, dan tidak mengkonsumsi air dari sumur, karena demi menjaga kesehatan,” imbuh dr. Norman.

Sementara, salah satu warga Giliketapang, Jani mengaku, senang mendapat kiriman bantuan air bersih dan air mineral kemasan. Sejak air PDAM mati, sekitar tiga pekan lalu, ia terpaksa menggunakan air hujan yang ditampung untuk masak dan keperluan sehari-hari.

“Alhamdulillah, ada bantuan air bersih dan air mineral untuk memasak dan keperluan lain. Sebab sebelum ada bantuan ini, saya memasak menggunakan air hujan,” ujarnya.

Baca Juga  Berkah Ramadhan, Ikan Asap Khas Pulau Gili Diburu Warga

Warga berharap, pipa PDAM ini dapat segera diperbaiki sehingga pasokan air bersih warga dapat tercukupi. (*)

 

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga

Arus Mudik Lebaran, Sopir dan Kru Bus Diperiksa Kesehatan

Probolinggo,- Untuk memastikan kesehatan sopir dan kru bus, Dinas Kesehatan dan P2KB Kota Probolinggo, bersama …