Sejahterakan Petani, Cak Thoriq Dirikan Lumbung Pangan

Lumajang,- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang terus berupaya mewujudkan ketahanan pangan dan kesejahteraan petani di wilayahnya melalui Lumbung Pangan Masyarakat (LPM).

Oleh karenanya, Jumat (23/12/2022), Bupati Lumajang Thoriqul Haq, meresmikan LPM di Dusun Darungan, Desa Nogosari, Kecamatan Rowokangkung, Kabupaten Lumajang.

Cak Thoriq, sapaan akrab Thoriqul Haq menyampaikan, pemerintah daerah akan terus mendukung berbagai program di sektor pertanian, seperti mencanangkan Gerakan Belanja Sayuran di Lahan Petani (Gerbas Tani) serta berbagai program lainnya.

Menurutnya, langkah itu merupakan upaya pemerintah daerah Lumajang dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, utamanya para petani.

“Ini intervensi yang kesekian dari pemerintah dari banyak program yang sudah dievaluasi. Supaya apa, agar petani tidak lagi bergantung pada pihak-pihak yang bisa memasang harga yang tidak sesuai dengan keinginan petani,” ujar dia.

Menurut Cak Thoriq, keberadaan sarana LPM dapat memberikan beberapa keuntungan serta nilai tambah bagi para kelompok tani. Sebab para kelompok tani nanti bisa secara langsung menjual produk hasil panen yang dikelola melalui lumbung pangan.

“Kalau sudah ada mesin selep dan pengering harus mulai berfikir bagaimana beras itu langsung dalam bentuk kemasan, sehingga dari sini langsung bisa distribusi dan langsung bisa dijual,” katanya.

Cak Thoriq berharap, agar pemerintah desa serta kelompok tani dapat lebih inovatif dalam memanfaatkan sarana LPM. Sehingga dapat menjadi percontohan bagi para kelompok tani lain yang ada di Kabupaten Lumajang.

“Kalau ini berjalan dengan baik ini akan bisa menjadi contoh bagi kelompok tani yang lain, bisa diintervensi oleh perintah daerah, maupun ada DAK yang nantinya turun, bisa mencontoh karena ini sudah berhasil,” jelas dia. (*)

Editor: Efendi Muhammad
Publisher: Zainul Hasan R

Baca Juga  Peringati Hari Nusantara, Gubernur Ajak Manfaatkan Sumber Daya Laut

Baca Juga

Pemkab Lumajang Kebut Normalisasi Kawasan Terdampak Banjir Lahar Hujan Semeru

Lumajang,- Proses normalisasi kawasan terdampak banjir lahar hujan Gunung Semeru terus dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) …