BERPRESTASI: Wakil Bupati Probolinggo HA. Timbul Prihanjoko saat menerima piagam penghargaan dari Ketua Perwakilan Ombudsman Jawa Timur Agus Muttaqin, Senin (31/1/2022)

Setahun Pimpin Probolinggo, ini Capaian Wabup Timbul

Probolinggo,- Didera pandemi Covid-19 dan sebaran virus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), tak membuat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo runtuh. Sebaliknya, pemkab terus berupaya bangkit dan melakukan inovasi-inovasi demi kesejahteraan rakyatnya.

Sepanjang Tahun 2022, atau setahun penuh dibawah kepemimpinan Wakil Bupati Probolinggo HA. Timbul Prihanjoko, Pemkab Probolinggo berhasil meraih capaian memuaskan. Capaian itu tidak hanya di sektor Sumber Daya Manusia (SDM) namun juga di ranah infrastruktur.

Panen Piagam Penghargaan
Penghargaan pertama sudah didapat sejak Januari lalu. Tepat pada 31 Januari 2022, Pemkab Probolinggo menerima piagam penghargaan Predikat Kepatuhan Tinggi Standar Pelayanan Publik Tahun 2021 sesuai amanat Undang-undang Nomor Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik dari Ombudsman Republik Indonesia.

Penghargaan ini diterima langsung oleh Wakil Bupati Probolinggo HA. Timbul Prihanjoko dari Ketua Perwakilan Ombudsman Jawa Timur Agus Muttaqin di Kantor Perwakilan Ombudsman Jawa Timur, Surabaya, Senin (31/1/2022).

“Penghargaan ini menunjukkan komitmen Pemerintah Kabupaten Probolinggo dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” kata Wabup kala itu.

Berselang 2 bulan 5 hari, Pemkab Probolinggo kembali menerima penghargaan atas Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) tahun 2021 Kategori B dan Reformasi Birokrasi (RB) tahun 2021 Kategori B dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) RI.

Penghargaan ini diserahkan dalam SAKIP dan RB Award 2021 yang dilakukan secara virtual. Wabup HA. Timbul Prihanjoko mengikuti kegiatan ini di Guest House Kraksaan pada Selasa (5/4/2022).

Pada Oktober lalu, Wabup Probolinggo HA. Timbul Prihanjoko lagi-lagi menerima penghargaan dan Lencana Bhakti Desa Pertama dari Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) RI Abdul Halim Iskandar.

Piagam penghargaan dan Lencana Bhakti Desa Pertama ini diberikan lantaran komitmen dan kerja keras Pemkab setempat dalam mendorong percepatan pembangunan desa sehingga seluruh desa di Kabupaten Probolinggo mencapai status berkembang, maju, dan mandiri.

Baca Juga  Cegah Penyakit Menular, Domba Korban Gigitan Anjing Liar Divaksin

Penghargaan ini diserahkan Menteri Desa PDTT RI Abdul Halim Iskandar didampingi Gubernur Jawa Timur Hj. Khofifah Indar Parawansa kepada Wabup Timbul dalam kegiatan launching pendirian Lembaga Keuangan Mikro BUMDesma di KRI Makassar Markas Koarmada II Surabaya, Kamis (27/10/2022).

LENCANA BHAKTI: Wabup Probolinggo HA. Timbul Prihanjoko saat menerima penghargaan dan Lencana Bhakti Desa Pertama dari Mendes PDTT RI, Abdul Halim Iskandar.

Selanjutnya, penghargaan lainnya yang diterima oleh Pemkab Probolinggo di bawah Kepemimpinan Wabup HA. Timbul Prihanjoko ialah penghargaan dari pemerintah pusat atas capaian opini Wajar Tanpa Pengeculian (WTP) Kategori 5 (lima) kali berturut-turut atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Probolinggo.

Wabup Timbul menerima langsung penghargaan ini dari Gubernur Jawa Timur Hj. Khofifah Indar Parawansa di Hotel Bumi Surabaya, Senin (14/11/2022).

Mendekati akhir tahun, Pemkab Probolinggo kembali meraih penghargaan Anugerah Meritokrasi Kategori Baik 2022 dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) Republik Indonesia. Penghargaan ini diterima oleh Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo Drs HA Timbul Prihanjoko dari Ketua KASN RI Agus Pramusinto dalam Anugerah Meritokrasi Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) 2022 di Ballroom Puri Agung Hotel Grand Sahid Jaya Jakarta Pusat, Kamis (8/12/2022).

“Alhamdulillah keberhasilan anugerah Meritokrasi kategori baik yang sudah diraih ini merupakan keberhasilan Bersama. Namun yang paling penting adalah mampu memotivasi semua instansi dan ASN untuk menerapkan sistem merit lebih baik lagi,” kata Wabup Timbul pasca menerima penghargaan tersebut.

Perbaiki Kualitas Infrastruktur Jalan
Selain banjir penghargaan, Pemkab Probolinggo dibawah komando HA. Timbul Prihanjoko juga terus melakukan perbaikan-perbaikan di sektor infrastruktur.

Terbaru, Wabup timbul meresmikan jalan daerah di Besuk – Kedungcaluk pada 12 Desember lalu. Kini jalan tersebut sudah bisa dilalui oleh warga dengan nyaman. Tak tanggung-tanggung, untuk melakukan perbaikan jalan tersebut, Pemkab mengelontorkan anggaran hingga Rp 17.048.663.273.

Baca Juga  Dipanggil DPRD, Dinkes Akui 3 Bidan Puskesmas Pajarakan Salah
MULUS: Wabup Probolinggo, Timbul Prihanjoko (tengah) saat menjajal jalan mantap di Desa Krampilan, Kecamatan Besuk.

Dengan adanya rehabilitasi jalan tersebut, jalan yang sudah bertahun-tahun mengalami kerusakan, kini sudah mulus. Jalan tersebut kini sudah mantap dengan aspal hotmix dan beton dengan panjang jalan 6,5 kilo meter.

“Ini adalah bentuk komitmen Pemerintah Kabupaten Probolinggo dalam mengatasi kondisi jalan agar dapat mewujudkan kondisi jalan mantap dan berkeselamatan. Penanganan ruas jalan adalah upaya Pemerintah Daerah untuk menata ruas jalan agar menjadi lebih baik sehingga dapat menunjang mobilitas masyarakat,” urai Wabup.

Tak hanya melakukan perbaikan jalan, kini Pemkab Probolinggo juga sudah memiliki kendaraan yang siap untuk melakukan perbaikan jalan sewaktu-waktu. Pada 5 Desember lalu, Wabup Timbul mendatangkan dan meresmikan truk Alpomain untuk melakukan pemeliharaan di sepanjang jalan daerah.

Ia mengatakan, dengan truk seharga Rp 1,820 miliar, pemeliharaan jalan dapat dilakukan secara maksimal dan efektif. Truk tersebut dapat langsung melakukan perbaikan terhadap sejumlah titik jalan yang mengalami kerusakan.

“Harapannya, tidak ada lagi jalan berlubang sebab dapat langsung ditambal sulam dan tidak memerlukan waktu lama. Truk ini multifungsi sehingga dapat menghemat waktu penanganan dan tidak perlu menunggu lubang besar baru diperbaiki,” papar Wabup. (Adv).

 

Editor: Efendi Muhammad
Publisher: Zainullah FT

Baca Juga

Aturan Baru, Makam Warga Tionghoa di Kota Probolinggo Bakal Dilengkapi Biopori

Probolinggo,- Pemerintah Kota Probolinggo mengundang perwakilan etnis Tionghoa Kota Probolinggo untuk membahas konsep pemakaman yang …