Diterjang Lahar Semeru, Truk Pasir Terseret hingga Guling

Lumajang,- Truk milik seorang penambang pasir terjebak banjir hingga terguling disamping jembatan Dusun Kebondeli Utara, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Minggu (20/11/2022) sore.

Pantauan PANTURA7.com, peristiwa itu terjadi ketika sopir truk hendak menyebrang sungai. Namun as roda kendaraan bak terbuka itu tiba-tiba patah. Alhasil, sopir pun kesulitan untuk mengendalikan kemudi dan naik ke permukaan.

Tak disangka, banjir lahar Gunung Semeru semakin lama semakin membesar. Truk itu pun terseret dan terguling hingga ke samping jembatan.

“Masih sangat untung ada jembatan, kalau tidak mungkin truk itu sudah terseret agak jauh,” kata Rohim, seorang sopir truk yang berada di belakang truk hanyut tersebut.

Sebelum kejadian, para relawan dan sopir yang lainnya sudah mengingatkan untuk tidak menyeberangi sungai terlebih dahulu. Namun, sopir nekat dan tetap melintasi walau sudah diperingatkan.

“Sudah diperingatkan, cuma sopirnya tetep ingin melintasi jalur yang banjir itu,” ujar Rohim menegaskan.

Sementara itu, Abdul Aziz Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Candipuro membenarkan kejadian tersebut. Menurutnya, saat ditengah jalan keluar aliran sungai, as roda depan truk patah tepat di tengah sungai.

“Waktu melintas diatas jembatan, as rodanya patah, bersamaan dengan datangnya aliran lahar hujan Gunung Semeru,” jelasnya.

Beruntung, dalam peristiwa itu tidak ada korban jiwa. Sebab, pada saat peritiwa itu terjadi sopir truk langsung melompat untuk menyelamatkan diri.

“Nihil (korban), pengemudi sudah menyelamatkan diri,” ucap Aziz.

Ia menghimbau, kepada masyarakat yang hendak melintas area tersebut, untuk terus berhati-hati. Sebab musibah bisa kapan saja datang tanpa diketahui. “Terutama bagi penambanng pasir,” wantinya. (*) 

 

Editor: Efendi Muhammad

Publisher: ZAINULLAH FT

Baca Juga  Dua Pikap Tabrakan saat 'Balapan' di Jalur Pantura, 2 Tewas

Baca Juga

Gunung Semeru Kian Rutin Erupsi, Warga Diminta Selalu Waspada

Lumajang,- Gunung Semeru yang berada di Kabupaten Lumajang, kembali erupsi dengan letusan abu vulkanik setinggi …