Tergerus Banjir, Rumah Pebecak di Bantaran Sungai Kertosono Ambrol

Kraksaan,- Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Probolinggo, Sabtu (19/11/22), membuat Sungai Kertosono di Kecamatan Kraksaan meluap. Akibatnya, pemukiman terendam banjir, bahkan hingga merobohkan rumah warga.

Rumah warga yang roboh diketahui milik Mistari (64), warga Jl. Patemon, Kelurahan Sidomukti, Kecamatan Kraksaan. Rumah yang berada di bantaran sungai itu, ambrol pada bagian teras bangunan.

“Hujannya dari tadi malam itu sudah besar sekali. Terus setelah sekitar pukul 08.00 WIB ini tembok ruang tamunya roboh tergerus air sungai,” ungkap Mistari saat ditemui di kediamannya.

Mistari menyebut, bagian rumahnya tergerus banjir hingga ambrol bukan kali pertama. Kejadian serupa pernah menimpanya tahun 2001 lalu, dimana dapur rumahnya roboh tersapu luapan sungai.

“Dulu kalau tidak salah sekitar tahun 2001 itu dapur saya yang roboh dikikis air sungai. Sekarang ini tembok ruang tamu, untung tidak ada barang-barang yang hanyut,” curhatnya.

Rumah semi permanen berukuran sekira 8×2 meter itu, imbuh Mistari, ditinggali oleh empat orang. Yakni ia sendiri, anak, menantu, serta satu orang cucunya.

“Yang tinggal saya, anak perempuan saya Fera, terus menantu saya, sama cucu saya satu,” pungkas pria lanjut usia yang sehari-hari menjadi pebecak ini.

Dikonfirmasi terpisah, Kasi Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Probolinggo Nur Wahyudi mengatakan, banjir di Kecamatan Kraksaan tersebar di tiga titik.

Meliputi Kelurahan Patokan, Sidomukti, dan Desa Rangkang. Ia memperkirakan, banjir akan berangsur surut dalam tiga jam kedepan.

“Banjir yang paling parah itu di Kelurahan Patokan RT/03 RW/05. Penyebabnya, karena ada tanggul yang jebul di Desa Gebangan, Kecamatan Krejengan,” ujar Wahyudi. (*) 

 

Editor: Efendi Muhammad

Publisher: Zainul Hasan R

Baca Juga  Sapi Warga Jrebeng Kulon Digondol Maling

Baca Juga

Rombongan Moge Kecelakaan di Jalur Pantura Sumberasih, Pasutri Tewas

Probolinggo,- Kecelakaan beruntun yang melibatkan lima kendaraan terjadi di jalur pantura, Desa Banjarsari, Kecamatan Sumberasih, …