Waspada! Gunung Semeru Luncurkan Awan Panas Guguran

Lumajang,- Aktivitas vulkanik Gunung Semeru di Lumajang kembali menggeliat. Rabu (9/11/2022) sore, gunung tertinggi di Pulau Jawa itu meluncurkan awan panas guguran (APG) dengan jarak luncur 4,5 kilometer.

Petugas Pos Pengamatan Gunung Api Semeru di Gunung Sawur, Liswanto mengatakan, berdasarkan dari pantauan seismograf, magma Gunung Semeru meluncur mengarah ke Curah Kobokan.

Meski begitu, aktivitas Gunung Semeru masih dalam zona aman. Sebab, pemukiman warga masih berada jauh dari jarak luncur APG.

“Ini masih zona aman. Karena pemukiman terdekat berada di radius 9 kilometer,” katanya.

Erupsi kali ini, dijelaskan Liswanto, tidak menimbulkan dampak signifikan. Namun ia mewanti-wanti kepada masyarakat agar selalu waspada mengingat arakteristik Gunung Semeru tergolong fluktuatif.

“Ancaman yang mengintai adalah bahaya sekunder dari jutaan kubik magma yang mengendap di kawasan lereng Semeru. Material tersebut sewaktu-waktu dapat meluncur ke sungai jika terkena air hujan,” bebernya.

Oleh karena itu, Liswanto mengimbau agar masyarakat tidak beraktivitas di sungai aliran lahar jika langit di atas Gunung Semeru terlihat gelap, apalagi jika sampai hujan turun.

Masyarakat, imbuhnya, tidak dianjurkan melakukan aktivitas apapun dari jarak 500 meter dari tepi sungai. Sebab, dikhawatirkan akan terjadi sesuatu yang tidak di inginkan.

“Masyarakat kami mohon tidaknmelakukan aktivitas apapun di sektor tenggara di sepanjang Besuk Kobokan, sejauh 13 km dari puncak,” imbaunya.

“Di luar jarak tersebut, masyarakat tidak melakukan aktivitas pada jarak 500 meter dari tepi sungai (sempadan sungai) di sepanjang Besuk Kobokan karena berpotensi terdampak lahar dingin,” pungkas dia. (*) 

 

Editor: Efendi Muhammad

Publisher: Zainul Hasan R

Baca Juga  Pamit Mancing, Warga Paiton Ditemukan tak Bernyawa di Bibir Pantai

Baca Juga

Truk Vs Truk Tabrakan di Jalur Pantura Bangil, Sopir Kritis

Pasuruan,- Kecelakaan lalu lintas terjadi di jalur pantura Raci, tepatnya di depan Pengadilan Agama (PA) …