Obat Sirup Dilarang, Dinkes Kota Pasuruan Razia Apotik

Pasuruan,- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pasuruan melakukan razia ke sejumlah apotik yang berada di wilayah kota setempat, Kamis (20/10/2022). Razia ini dilakukan untuk memastikan seluruh apotik tidak memperjualbelikan berbagai obat sirup atau obat cair.

“Kami memberikan edukasi kepada masyarakat dan apotik sementara waktu penggunaan sirup dibatasi dan dihentikan dulu sesuai dengan imbauan kementerian kesehatan,” kata Kabid Pelayanan dan Sumberdaya Kesehatan Dinkes Kota Pasuruan, Ika Anggraeni.

Dijelaskan Ika, aturan larangan peredaran obat sirup atau obat cair sudah diberlakukan sejak SE Kemenkes RI dikeluarkan, Rabu (19/20/2022) kemarin.

Dalam aturan itu, pemakaian obat sirup dan obat cair ini dilarang sampai dengan waktu yang belum ditentukan.

Apabila ada masyarakat yang mengalami gejala penyakit, imbuhnya, diminta untuk memeriksakan dirinya ke puskesmas dan rumah sakit dan mendapatkan obat sesuai resep dokter.

“Untuk pengganti obat sirup dan cair bisa menggunakan obat kesediaan lain seperti puyer, kapsul, atau tablet, hindari obat yang diberikan selain resep,” jelas dia.

Sekitar pukul 11.00 WIB, petugas Dinkes Kota Pasuruan nampak mendatangi Apotik Gajah Mada Prima dan apotik YAP di Kecamatan Purworejo. Petugas lalu memeriksa isi etalase apotik.

Pemilik Apotik Gajah Mada Prima, Olly Suyatno mengaku, pihaknya memang masih memajang sejumlah obat sirup dan obat cair di etalase toko.

Namun, disebutkan Olly, pihaknya sudah memasang tulisan jika sementara waktu tidak menjual obat sirup dan cair untuk warga.

“Memang masih dipajang, tapi kami sudah tidak melayani apabila ada warga yang ingin membeli obat sirup dan cair,” ujarnya. (*) 

 

Editor : Efendi Muhammad

Publisher : Zainul Hasan R

Baca Juga  Modus Licik Bos Pertamini di Pasuruan, Gunakan Timor Modifikasi untuk Timbun BBM

Baca Juga

Januari-April, 3 Warga Kota Probolinggo Terjangkit Leptospirosis, 2 Meninggal Dunia

Probolinggo,- Penyakit leptospirosis masih menjadi penyakit yang perlu diwaspadai di Kota Probolinggo. Terhitung sejak Januari …