Bank Dunia Dukung Infrastruktur Pembangunan Pariwisata di Lumajang 

Lumajang,- Pengembangan destinasi wisata di Kabupaten Lumajang mendapat dukungan dari Bank Dunia. Dukungan ini mengalir karena Kabupaten Lumajang masuk dalam proyek Integrated Tourisme Master Plan (ITMO) Bromo Tengger Semeru.

ITMP merupakan kegiatan yang mendapat dukungan Bank Dunia dalam rangka pengembangan pariwisata di tanah air. Atas hal itu, Tim Konsultan Bank Dunia datang untuk melihat langsung potensi wisata di Kabupaten Lumajang.

“Alhamdulillah Kabupaten Lumajang masuk dalam proyek ITPM Bromo, Tengger dan Semeru. Sejak tahun 2020 Pemkab Lumajang sudah mengusulkan Gate Senduro, itu ada rest area, UKM dan yang lain ada disana, sehingga pemerintah pusat akan membangun dengan dibiayai World Bank,” kata Kepala Badan Perencanaan Daerah (Bappeda) Kabupaten Lumajang, Retno Wulan Andari, Jumat (30/9/22).

Dalam program ini, selain mendapatkan bantuan infrastruktur, juga ada perencanaan peningkatan dukungan kapasitas kelembagaan dan peningkatan sumber daya manusia hingga strategi menarik dari para investor.

“Dua tahun ini kita tertunda karena di dalam dokumen ITMP Senduro tidak masuk, yang masuk justru Pasrujambe,” ungkap Retno.

Dalam kunjungan rombongan Konsultan World Bank di Lumajang, Bupati Lumajang Thoriqul Haq mengajak mereka ke beberapa destinasi wisata, salah satunya melihat langsung keindahan Air Terjun Tumpak Sewu di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo.

Retno menjelaskan, pihaknya meminta agar Kecamatan Pronojiwo dimasukkan dalam ITMP tersebut karena di sana ada Air Terjun Tumpak Sewu dan Pronojiwo juga masuk dalam Investment Project Ready to Offer (IPRO) yang dikerjakan oleh Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

Sebab, sektor pariwisata yang masuk dalam peta peluang investasi BKPM untuk Kabupaten Lumajang adalah air terjun Tumpak Sewu dengan pengembangan kawasan sekitarnya.

“Kawasan yang masuk dalam spot peta potensi di area Tumpak Sewu antara lain adalah kawasan Besuk cukit, Simbar Semeru, Desa Sumber urip dan kawasan Delta dua anak sungai,” pungkasnya. (*)

Baca Juga  Diduga Timbun Biosolar, Warga Ranuyoso Ditangkap Polisi

 

Editor: Efendi Muhammad

Publisher: Zainul Hasan R

Baca Juga

Lonjakan Pengunjung Wisata di Pasuruan Menurun, Diprediksi Naik Lagi saat Hari Raya Ketupat

Pasuruan,- Selama libur lebaran, sejumlah destinasi wisata di Kabupaten Pasuruan, disesaki wisatawan. Seperti Taman Ria …