Kasus HIV/AIDS Meningkat, ini Pesan Wabup Lumajang 

Lumajang,- Tren penyebaran kasus Human Immunodeficiency Virus (HIV) Acquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS) di Kabupaten Lumajang terus melonjak.

Jika pada tahun 2021 tercatat ada 174 kasus, setahun kemudian jumlahnya meningkat. Hingga mendekati akhir September 2022, HIV/AIDS menjadi 284 kasus.

Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati mengatakan, apabila penyakit menular itu menyerang para remaja dan pemuda, maka peran orang tua sangat dibutuhkan.

“Jadi pergaulan-pergaulan yang diluar batas itu hendaknya menjadi perhatian dari para orang tua,” kata Indah, Kamis (22/9/2022).

Indah melanjutkan, pergaulan anak-anak muda pada saat diluar rumah, jarang diketahui oleh orang tuanya. Sehingga, peran penting dari orang tua untuk menjaga mental anaknya sangat dibutuhkan.

“Yang terpenting adalah bagaimana mental dan perilaku mereka agar benar-benar dijaga sebai bagian tanggung jawab dari para orang tua,” papar Bunda Indah, begitu ia biasa dipanggil.

Sedangkan di dunia pendidikan, peran guru sangat berpengaruh untuk memberikan edukasi sosial soal HIV/AIDS. Sebab, dari lingkungan sekolah lah pergaulan anak muda semakin meluas.

“Ini penting, ini bukan soal yang tabu. Sekali lagi agar ini menjadi bagian penting dari pengawasan dari para guru untuk memberikan edukasi. Mungkin selama ini masih dianggap tabu tapi akan lebih bahaya lagi bila hal ini tidak dilakukan edukasi terhadap anak anak,” pungkasnya.(*) 

 

Editor: Efendi Muhammad

Publisher: Zainul Hasan R

Baca Juga  Bermodal Benang, Seorang Ibu Sulap Hobi Jadi Bisnis

Baca Juga

Tolak Perda Tempat Hiburan, Warga Geruduk Kantor DPRD Pasuruan

Pasuruan,- Sejumlah warga mendatangi kantor DPRD Kabupaten Pasuruan, Kamis (25/4/2024) siang. Kedatangan massa dari sejumlah …