Mantap! 12 Sekolah di Probolinggo lulus Program Sekolah Penggerak Tahun 2022

Kraksaan,- Sebanyak 12 sekolah di Kabupaten Probolinggo lulus sebagai pelaksana Program Sekolah Penggerak Tahun 2022. Lembaga sekolah itu terdiri dari satuan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD), dan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Ke-12 lembaga pendidikan itu meliputi TK Aba Harapan, TK Cahaya Hati, TK Harapan Kita, TK Melati, dan TK PKK Tunas Suci, SDN Betek III, dan SDN Jatisari II.

Selanjutnya, ada SDN Pohsangit Leres II, SDN Sumberkledung I, SD Muhammadiyah Kraksaan, SMPN 2 Besuk, dan SMP Unggulan Zainul Hasan Genggong.

Penetapan itu berdasarkan Surat Keputusan nomor 7883/C/HK.03.01/2022. Tentang Penetapan Satuan Pendidikan Pelaksana Program Sekolah Penggerak Angkatan III Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Kepala Bidang Pembinaan Ketenagaan SD dan SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikdaya) Kabupaten Probolinggo, Yunita Nur Laili mengatakan, program sekolah penggerak memiliki tujuan penting.

Sehingga dengan predikat itu, sekolah yang dinyatakan lulus sebagai pelaksana harus diapresiasi dan diteladani oleh sekolah lainnya.

“Tujuannya adalah untuk mewujudkan visi pendidikan Indonesia. Yaitu mewujudkan Indonesia maju yg berdaulat, mandiri dan berkepribadian melalui terciptanya Pelajar Pancasila,” kata Yunita, Rabu (31/8/22) saat dikonfirmasi melalui pesan singkat .

Yunita menjelaskan, Program Sekolah Penggerak memiliki manfaat pada beberapa aspek di sekolah. Tidak hanya pada peserta didik saja, namunnpada keseluruhan elemen di lingkungan sekolah akan mendapatkan manfaatnya.

“Program Sekolah Penggerak ini bermanfaat untuk penguatan SDM, pembelajaran kompetensi holistik, perencanaan berbasis data, hingga digitalisasi sekolah,” papar dia.

Kemudian, setelah ke-12 sekolah tersebut dinyatakan lulus sebagai pelaksana Program Sekolah Penggerak, nantinya akan dilakukan pendampingan langsung oleh Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BBPMP) Jawa Timur (Jatim) sebelum sampai pada tahap implementasi.

Baca Juga  Rehab SMPN Dianggarkan Rp11 Miliar

“Surat keputusannya turun sekitar pertengahan bulan Agustus ini. Dari informasi yang kami dapatkan, ke-12 sekolah ini akan didampingi hingga akhir tahun ini sebelum nantinya masuk pada tahap implementasi dari program itu,” pungkasnya. (*)

Editor : Efendi Muhammad
Publisher : Zainul Hasan R

Baca Juga

Kelayapan di Warkop, 27 Pelajar di Kota Pasuruan Digulung Satpol PP

Pasuruan,- Puluhan pelajar terjaring razia Satuan Polisi (Satpol PP) Kota Pasuruan, Senin (29/1/2024) pagi. Para …