Dishub Akan Pasang 80 PJU di Enam Kecamatan

Kraksaan – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Probolinggo mendapatkan jatah Rp2 miliar dari Perubahan Anggaran Keuangan (PAK) 2022. Dana tersebut setidaknya harus mampu terserap hingga akhir tahun ini.

Kasi Pemeliharahan Sarana Prasarana (Sarpras) pada Dishub setempat, Asminanik memgatakan, salah satu program yang direncanakan menggunakan anggaran tersebut adalah pengadaan Penerangan Jalan Umum (PJU). Setidaknya ada 80 PJU baru yang rencananya bakal dipasang menggunakan anggaran tersebut.

“80 PJU ini rencananya bakal dipasang di enam kecamatan,” katanya, Kamis (25/8/2022).

Enam kecamatan yang dimaksud adalah Kecamatan Pakuniran, Paiton, Besuk, Gading, Maron, dan Pajarakan. Namun hingga kini pihaknya belum bisa memastikan jumlah PJU yang akan dipasang di masing-masing kecamatan.

“Belum tahu ya yang di Paiton ada berapa, yang di kecmaatan lainnya ada berapa, karena saat ini kami masih dalam proses penyusunan. Yang jelas 80 PJU baru ini sudah terpasang setidaknya sebelum pergantian tahun,” terangnya.

Sementara, untuk total PJU yang ada saat ini di jalan daerah masih sekitar 1.000 PJU. Sedangkan, kebutuhan PJU untuk membuat jalan daerah Kabupaten Probolinggo terang-benderang di malam hari membutuhkan sekitar 7.000 PJU.

“Makanya, setiap tahun pengadaan PJU ini akan terus kami lakukan. Karena kurangnya masih banyak untuk membuat jalanan ini terang baik di siang maupun malam hari,” ujarnya.

Sementara itu, Ubaidillah, warga Desa Alaskandang, Kecamatan Besuk mengaku, senang dengan adanya rencana pemasangan PJU di jalanan Kecamatan Besuk tersebut. Pasalnya, di Kecamatan Besuk masih ada sejumlah titik tanpa adanya penerangan, sehingga kondisi jalan pada malam hari menjadi gelap.

“Bagus kalau ada lampu jalannya, apalagi saya sering keluar malam untuk kulakan sayuran,” katanya. (*)

Baca Juga  Cegah Laka, Polisi Cek Kesehatan Kendaraan Jeep Bromo

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga

Pemkab Lumajang Susun Rehabilitasi dan Rekontruksi Pembangunan Pasca Bencana

Lumajang,- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang, terus berupaya mempercepat pemulihan pasca bencana banjir yang melanda sejumlah …