Harga Melonjak, Petani Bawang Merah Pun Tersenyum Lebar

KREJENGAN,- Melonjaknya harga bawang di Kabupaten Probolinggo dirasakan sejumlah petani. Mereka mengaku, bisa meraup keuntungan lumayan dari hasil bercocok tanam tanaman umbi lapis itu.

Salah satu petani yang merasakan “sedap”-nya harga bawang merah adalah Mahyar, 53 tahun, petani di Desa Opo opo, Kecamatan Krejengan, Kabupaten Probolinggo. Ia mengaku, menangguk keuntungan sekitar Rp60 juta dalam sekali panen bawang merah.

Ia mengaku, baru kali ini menanam bawang dan masih belajar menjadi petani bawang merah. Dengan tanah seluas sekitar 250 meter persegi, ia sangat beruntung karena harga bawang masih tinggi di Kabupaten Probolinggo.

“Saya baru tahun ini mencoba bertanam bawang, sebelumnya hanya monoton di tanaman padi dan tembakau,” katanya, Jumat (22/7/2022).

Dikatakan kali ini merupakan panen kali ketiga dengan hasil 4 ton lebih bawang merah. Padahal pada panen perdana dan kedua, ia hanya bisa membawa pulang bawang merah 2,4 ton dan 2,7 ton.

Tak hanya itu, harga bawang yang dipanen Mahyar juga sedang melonjak harganya, dari Rp21.000-25.000 per kilogram (kg) menjadi Rp 50.000-55.000 per kg.

“Untuk harganya tergantung kualitas dan ukuran bawangnya, yang super bisa mencapai Rp55.000,” katanya.

Awalnya, ia mengaku tidak terlalu optimistis dengan bertanam bawang merah karena sebagian wilayah Krejengan bukan lahan bawang. Bahkan petani yang menanam bawang merah adalah yang paling sedikit.

“Awalnya memang tidak yakin. Karena tanah di sini biasanya ditanami tembakau pada musim kemarau. Bisa dilihat di sekitar sini, saya hanya sendirian yang menanam bawang merah,” ucapnya.

Tapi dengan hasil ini, bapak dari dua anak ini sangat bersyukur saat memanen bawang merah bersamaan dengan meroketnya harga komoditas bumbu dapur itu.

Baca Juga  Resah Isu Sarden Impor Mengandung Cacing, Petugas Gelar Sidak

“Alhamdulillah hasilnya memuaskan. Bisa jadi ini merupakan ganti dari sepeda motor saya yang raib dibawa maling beberapa waktu lalu,” katanya. (*)

 

Editor : Ikhsan Mahmudi

Publisher : Zainul Hasan R.

Baca Juga

Ada Pabrik Baru di Pasuruan, Siap Ciptakan Ribuan Lapangan Kerja

Pasuruan,– Kabar gembira datang dari Jawa Timur. Hari ini, Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur, Adhy …