Pasca Kebakaran KM. Lautan Papua Indah, Polisi ‘Warning’ Nelayan, ini Isinya

Paiton,- Para Anak Buah Kapal (ABK) Kapal KM. Lautan Papua Indah yang menjadi korban kebakaran kapal pada Selasa (12/7/22) kematian, akhirnya dipulangkan. Mereka dijemput oleh pihak perusahaan di Pos Pengamanan TNI AL Paiton.

“Setelah mendapatkan pengobatan dari tim medis dan melakukan prosedur yang dibutuhkan, akhirnya ABK dijemput oleh perusahaanya, malam itu juga,” kata Kasat Polairud Polres Probolinggo AKP Slamet Prayitno.

Menurut Slamet, pasca insiden kebakaran itu pihaknya langsung melakukan pemeriksaan kesehatan ABK dengan bantuan tim medis Dokpol Polres Probolinggo. Hal itu dilakukan mengingat para ABK itu terjebak di perairan dan harus berenang selama sekitar 1 jam.

“Beruntung mereka (para ABK) semua selamat dan sehat,” ucapnya bersyukur.

Dijelaskan Slamet, saat kapal terbakar, para ABK terpaksa melompat ke laut untuk menyelamatkan diri dari api membakar seluruh badan kapal. Setelah 1 jam bertahan di tengah laut, mereka akhirnya diselamatkan para nelayan yang sedang memasang jaring ikan.

“Jadi 15 ABK berhasil dievakuasi oleh nelayan yang kebetulan baru saja memasang jaring dan mengetahui bahwa, ada kapal yang terbakar di tengah laut. Akhirnya dihampiri dan menolong ABK yang melompat dari kapal yang terbakar itu,” Paparnya.

Slamet mengingatkan, agar para nelayan memperhatikan perangkat keselamatan dan kondisi mesin kapal sebelum berlayar. Selain itu, semua kebutuhan yang diperlukan dalam keadaan darurat harus tersedia di dalam kapal.

“Lebih berhati-hati, pastikannkapal yang diawaki itu dalam keadaan aman dan perlengkapan penyelamatan tersedia,” imbau dia. (*)

Editor : Efendi Muhammad
Publihser : Zainul Hasan R

Baca Juga  Saluran Irigasi Lereng Semeru Tertimbun Material Lahar, Ratusan Hektar Lahan Pertanian Terancam Kekeringan

Baca Juga

Olah TKP Laka, Polisi Sebut Moge yang Dikendarai Korban Bodong

Probolinggo,- Kecelakan maut yang melibatkan tiga kendaraan dan mengakibatkan pasutri pengendara moge tewas, di jalur …