Target 700 Sapi, Kota Probolinggo Sudah Vaksin 394 Sapi

Probolinggo – Sekitar sepekan terakhir sejak Senin (27/6/2022) lalu, Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan (DPKPP) Kota Probolinggo menggelar vaksinasi untuk mencegah penyakit mulut dan kuku (PMK) pada sapi. Sebanyak 394 sapi sudah divaksin hingga Senin (5/7/2022) hari ini dari target 700 sapi sesuai jumlah dosis vaksin.

DPKPP menargatekan, sisa 306 vaksin akan disuntikkan sebelum Hari Raya Idul Adha. Masih ada waktu beberapa hari untuk menuntaskan 700 dosis vaksin.

“Dengan sisa waktu dua hari, besok dan lusa, vaksinasi terhadap 306 sapi akan kami lakukan. Petugas terus berkeliling dari kandang ke kandang sapi milik peternak,” kata Kabid Peternakan pada DPKPP, Suryanto, Selasa (5/7/2022).

Setelah vaksinasi 700 sapi di Kota Probolinggo selesai, maka pada kurun Agustus-September, DPKPP akan mendapat vaksin PMK tahap kedua. Vaksin ini diperuntukkan bagi sapi yang belum mendapatkan vaksinasi.

“Hingga seminggu pelaksanaan vaksinasi PMK, masih belum ada laporan terkait efek samping pada sapi yang telah divaksin. Hal ini karena kami juga memberikan vitamin bagi sapi yang telah divaksin PMK,” kata Suryanto.

Seperti diketahui DPKPP Kota Probolinggo awalnya mengajukan 200 dosis vaksin ke Pemprov Jatim. Ternyata Dinas Peternakan Pemprov Jatim memberikan 700 dosis vaksin PMK. (*)

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga  Penipuan Kartu Tani di Banyuanyar, DKPP Silakan Proses Hukum

Baca Juga

Arus Mudik Lebaran, Sopir dan Kru Bus Diperiksa Kesehatan

Probolinggo,- Untuk memastikan kesehatan sopir dan kru bus, Dinas Kesehatan dan P2KB Kota Probolinggo, bersama …