Cegah Kecurangan, Ratusan UTTP di Pasar Maron Ditera Ulang

Probolinggo,- Untuk mencegah kecurangan oleh pedagang sehingga merugikan pembeli atau konsumen, Unit Pelaksana Tugas (UPT) Metrologi Legal Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perdagangan dan Perindustrian (DKUPP) Kabupaten Probolinggo memberikan pelayanan sidang tera ulang.

Dalam sidang tera ulang kali di Pasar Maron, petugas Penera Ahli UPT Metrologi Legal DKUPP Kabupaten Probolinggo menerima sebanyak 268 alat Ukur, Takar, Timbangan dan Perlengkapannya (UTTP).

Kepala DKUPP Kabupaten Probolinggo, Anung Widiarto mengatakan, tera ulang merupakan kewajiban para pemilik alat UTTP. Sebab, alat UTTP yang digunakan harus tepat ukuran, tepat takaran dan tepat timbangan.

“Dengan tera ulang ini, tidak ada yang dirugikan baik pedagang sebagai pemilik UTTP maupun pembeli sebagai penerima barang. Artinya, semua alat UTTP harus ditera ulang agar semuanya terpantau dan tidak ada kecurangan,” kata Anung, Rabu (15/6/2022).

Oleh karenanya, lanjut Anung, masyarakat yang memiliki alat UTTP wajib untuk melakukan tera ulang. Hal ini demi kebaikan diri sendiri sebagai pedagang dan memberikan kepercayaan kepada masyarakat selaku pembeli. Sehingga, dampak positifnya bisa ke perekomian.

“Artinya secara spontanitas begitu ada tera ulang, harus aktif membawa alat UTTP yang dimilikinya, jangan menghindar, karena kalau rutin dilakukan, bukan mustahil ekonomi dan proses jual beli bisa berjalan dengan sangat baik,” ujar Anung.

Pelayanan sidang tera ulang ini, menurutnya, merupakan kegiatan rutin yang dilakukan agar alat ukur, takar dan timbang di pasar tradisional bisa tertib. Juga ada kepastian bagi konsumen terkait UTTP sehingga mereka tidak berpikir yang aneh-aneh.

“Selain itu bisa memberikan kepastian ukuran kepada konsumen yang sedang berbelanja di pasar tradisional. Semua pasar tradisional di Kabupaten Probolinggo pasti bakal ada sidang tera ulang ini, jadi diharapkan pedagang yang punya UTTP tidak perlu menghindar,” tuturnya. (*)

Baca Juga  Produksi Garam di Probolinggo Hanya 3.244 Ton, Jauh dari Target

Penulis: Moh. Ahsan Faradisi
Editor : Ikhsan Mahmudi
Publisher : Zainul Hasan R.

Baca Juga

Ada Pabrik Baru di Pasuruan, Siap Ciptakan Ribuan Lapangan Kerja

Pasuruan,– Kabar gembira datang dari Jawa Timur. Hari ini, Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur, Adhy …