Longsor di Tambak Ukir Kotaanyar, Akses Desa Lumpuh

Kotaanyar,- Hujan deras yang mengguyur wilayah Kecamatan Kotaanyar, Kabupaten Probolinggo, Jum’at (20/5/22) sore, membawa malapetaka. Tebing di Desa Tambak Ukir longsor dan menutup akses antar desa.

Informasi yang dihimpun, longsor itu terjadi sekitar pukul 16.34 WIB, tepat sesaat setelah hujan reda. Material longsor lantas menutupi jalan desa yang tepat berada di bawah tebing.

“Karena yang tertimbun longsor itu jalan alternatif warga. Alhamdulillah kejadian tadi sore itu tidak memakan korban jiwa,” Kata Kepala Desa (Kades) Tambak Ukir, Tamim.

Kemudian, lanjut Tamim, untuk penanganan sementara warga setempat bergotong royong membersihkan tanah material longsoran, yang ketinggiannya sekira 8 -10 meter.

“Sementara ini kami lakukan gotong royong untuk membersihkan tanah yang menutupi jalan agar warga tetap dapat melintas. Kalau tidak dibersihkan maka warga tidak bisa lewat,” paparnya.

Tamim menambahkan, pihaknya sudah mepaor ke Pemerintah Kecamatan dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Probolinggo.

“Tadi sudah saya koordinasikan dengan Pak Camat dan BPBD Kabupaten Probolinggo. Berhubung titik kejadian lumayan jauh dan terjal, jadi besok baru akan dicek bersama saya,” tandasnya.

Longsor kali ini, merupakan yang kedua kalinya terjadi di Desa Tambak Ukir dalam kurun waktu tak sampai 2 pekan. Pada Senin (9/5/22) lalu, Tanggul Penahan Tanah (TPT) juga longsor pasca diguyur hujan deras. (*) 

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: A. Zainullah FT

Baca Juga  Latihan Menembak, Pria Tewas Kena Peluru Nyasar

Baca Juga

Rombongan Moge Kecelakaan di Jalur Pantura Sumberasih, Pasutri Tewas

Probolinggo,- Kecelakaan beruntun yang melibatkan lima kendaraan terjadi di jalur pantura, Desa Banjarsari, Kecamatan Sumberasih, …