Suhu Panas Probolinggo Dipicu Pancaroba dan Siklon Tropis Karim

Probolinggo – Sejak beberapa hari terakhir, suhu udara di Kota Probolinggo terasa sangat panas. Fenomena ini selain karena pergantian musim (pancaroba), juga dipengaruhi Siklon Tropis Karim.

Hal tersebut disampaikan Kepala Pelaksana BPBD Kota Probolinggo, Sugito Prasetyo. “Selain itu, ada faktor lain yang menyebabkan suhu di Kota Probolinggo lebih panas, yakni Siklon Tropis Karim yang menerjang wilayah-wilayah Indonesia termasuk Jawa Timur,” ujarnya, Sabtu (14/5/2022).

Dari citra satelit diketahui, suhu normal wilayah Kota Probolimggo berkisar antara 26-27 derajat Celcius. Namun saat ini suhu bisa mencapai 28-30 derajat Celcius, dengan kelembapan (hari ini) 75%.

Meski begitu, potensi hujan deras dan angin di Kota Probolinggo masih terjadi di waktu sore hingga malam hari. Sehingga masyarakat diimbau tetap berhati-hati. Soalnya, hujan yang terjadi dalam minggu ini mengakibatkan sebatang pohon tumbang menimpa rumah warga.

“Petugas BPBD Kota Probolinggo terus melakukan pemantauan, dan tetap standby 24 jam agar jika terjadi bencana di wilayah kota bisa langsung melakukan penanganan,” imbuhnya. (*)

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga  Terminal Bus Probolinggo Kosong Melompong

Baca Juga

Banjir Lahar Hujan Terjang Lereng Semeru Lumajang, Ratusan Warga Mengungsi

Lumajang,- Hujan deras yang mengguyur kawasan puncak Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Kamis (18/4/24) sore, …