Berikut Cara Polres Probolinggo Cegah Kriminalitas Sepanjang Ramadhan

Probolinggo,- Momentum Ramadhan, Kepolisian Resort (Polres) Probolinggo memiliki cara sendiri untuk mengantisipasi dan meminimalisasi kejadian pencurian disertai kekerasan (curas), pencurian dan pemberatan (curat), pencurian kendaraan bermotor (curanmor) dan balap liar.

Hal itu setelah digelar kegiatan analisa dan evaluasi (Anev) mingguan dengan tema Smart Probolinggo Presisi di ruang Rupatama Parama Satwika Polres Probolinggo, Senin (4/4/2022) siang. Tak hanya membahas antisipasi kriminal, tapi juga keamanan lainnya.

Kapolres Probolinggo AKBP Teuku Arsya Khadafi mengatakan, jika anev mingguan ini membahas agenda selama sepekan ke depan di wilayah hukum Polres Probolinggo. Terlebih, pada saat momentum bulan Ramadhan, agar keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) terjaga.

Oleh karena itu, lanjut Arsya, antisipasi awal yang akan dilakukan jajaran penegak hukum untuk meminimalisasi ataupun mencegah terjadinya tindak kriminalitas, baik berupa curas, curat, dan curanmor, selama Ramadhan akan dilaksanakan patroli dini hari hingga menjelang sahur.

“Saat ini kita tengah berada di bulan Ramadhan. Oleh karena itu anggota Polres Probolinggo wajib melaksanakan patroli menjelang sahur dan buka puasa agar tercipta kamtibmas yang kondusif. Terlebih, jam-jam rawan kejadian, yang sering jadi langganan pelaku,” kata Arsya.

Di sisi lain, Arsya berharap, jika patroli kamtibmas selama Ramadhan juga harus didukung penuh oleh masyarakat di wilayah hukumnya. Sebab semua usaha antisipasinya bakal sia-sia, jika masyarakat masih tetap memberikan kesempatan atau ruang kepada para pelaku.

“Seperti jangan meninggalkan kendaraannya atau parkir yang jauh dari pantauan, jangan pula diparkir tanpa dikunci setir dan yang lainnya. Karena memang pelaku tidak menyia-nyiakan jika ada kesempatan itu,” ungkap perwira kelahiran Aceh ini. (*)

Editor : Ikhsan Mahmudi
Publisher : A. Zainullah FT

Baca Juga  Ahmad Nahrowi Jadi Legislator Baru DPRD via PAW

Baca Juga

Rawan jadi Target Kejahatan, Toko Emas Diimbau Pasang CCTV

Probolinggo,- Meningkatnya mobilisasi masyarakat untuk berbelanja kebutuhan jelang lebaran, khususnya perhiasan, membuat Polres Probolinggo Kota …