Saat Iguana dan Biawak Adu Kecantikan di Mall Pasuruan, Wow….

Pasuruan,- Bagaimana jadinya jika reptil jenis iguana dan biawak yang biasanya garang nan menakutkan ikut kontes kecantikan?

Rupanya reptil bertampang gahar itu bisa tampil kalem dihadapan para juri kontes reptil yang diselenggarakan oleh Komunitas Exotic Pet Iguana (EXPI) di Mall Transmarket Pasuruan, Minggu (20/03/22).

Ratusan jenis reptil iguana baik keturunan lokal maupun luar negeri ini saling beradu keeksotikan warna. Ada yang berwarna hijau cerah, merah, hingga berwarna coklat batu.

Tidak ketinggalan pula berbagai reptil sejenis biawak yang dikenal sebagai hewan liar, juga ikut unjuk gigi di arena kontes.

Ketua Pelaksana Kontes Reptil dari Komunitas EXPI, M Kholil mengungkapkan, memelihara hewan reptil memang memiliki tantangan tersendiri dibanding dengan hewan peliharaan lain.

“Kalau memelihara reptil itu masalahnya tentang karakter, kayak iguana dan biawak ini karakternya lebih lincah gesit. Ini jadi tantangan para breeder untuk bisa menjinakkan. Terbukti saat kontes tadi kan enak kalau dipegang,” ungkap Kholil.

Dalam kontes ini, para juri menilai kecantikan reptil iguana dan biawak dari berbagai aspek, sebelum pemenang kontes diumumkan.

Kriteria yang ditetapkan mulai dari kemulusan kulit, corak warna, hungga kesehatan dari masing-masing reptil.

“Pesertanya ada dari Jember, Lamongan, Surabaya, Sidoarjo, juga Pasuruan.Kita berharap para reptiler tidak hanya cuma memelihara saja tapi hewan reptil mereka bisa punya nilai lebih lebih melalui kontes ini, ” ungkapnya.

Sementara itu, seorang peserta lomba asal Surabaya, Trio Prasetyo menyatakan, alasanya ikut kontes-kontes reptil, salah satunya untuk menaikkan harga jual Iguana miliknya.

Iguana yang dibawa Trio ini tampak mencolok karena berukuran cukup besar hingga memiliki tubuh memanjang sepanjang 30 cm.

“Ini iguana besar jenis Columbia. Dulu awal beli cuma Rp 1,5 juta, kemarin sempat menang kontes dan ditawar Rp 3,5 juta, ” ungkap Trio.

Baca Juga  Layani Pengunjung Loemadjang Mbiyen, Pemkab Lumajang Sediakan Angkutan Gratis

Menurutnya, memelihara reptil Iguana tidak sesulit yang dibayangkan. Bahkan iguana bisa menjadi hewan jinak jika si pemilik tahu cara yang baik untuk merawatnya.

“Rawatnya gampang kok, cuma harus rutin dijemur, dibersihin, kandangnya juga dari boks plastik biar nggak lembab. Nggak serem juga, iguana itu nggak gigit, cuma kukunya memang tajam, jadi harus tahu teknik memegang yang benar,” pungkasnya. (*)

 

Editor: Efendi Muhammad

Publisher: A. Zainullah FT

 

Baca Juga

Bibibi, Tradisi Membagikan Makanan Jelang Lebaran yang Tak Lekang Waktu

Probolinggo,- Ada tradisi unik yang dilaksanakan menjelang Hari Raya Idul Fitri yakni, Bibibi. Tradisi membagikan …