Ada Taman Kingkong di Kedungcaluk Krejengan, Apa Itu?

Krejengan,- Kreativitas untuk menopang perekonomian warga ditengah pandemi Covid-19, terus menggeliat di daerah. Kreativitas yang diciptakan pun beragam, mulai ekonomi kreatif, Usaha Micro Kecil dan Menengah (UMKM) hingga taman sekaligus pasar desa.

Seperti yang nampak di Desa Kedungcaluk, Kecamatan Krejengan, Kabupaten Probilinggo. Di desa tersebut, terdapat taman edukasi, yang dirintis sejak Januari 2022 lalu.

Namanya, Taman Edukasi Singkong atau yang familiar disebut Taman Kingkong. Taman ini merupakan bagian dari Program Desa Berdaya, Pemprov Jawa Timur, setelah Desa Kedungcaluk mendapat predikat sebagai desa mandiri.

Di taman yang terletak di Dusun Krajan RT/003 Raw/002 ini, masyarakat tidak hanya disuguhi pemandangan indah nan asri. Warga juga bisa memanfaatkan fasilitas yang disiapkan seperti outlet singkong, kebun singkong, tiga unit gazebo, hingga tempat permainan anak.

Selain itu, ada rutinitas yang digelar setiap pekan. Diantaranya pasar produk olahan singkong, yang diadakan tiap Sabtu dan Minggu, mulai pukul 7.00 hingga 11.00 Wib. Juga ada Dolanan Sore Penuh Imajinasi (Doremi) yang digelar setiap Rabu sore.

“Lumayan lah buat penghasilan tambahan di hari Sabtu dan Minggu,” kata warga Desa Kedungcaluk, Suliha, Sabtu (29/3/22).

Remaja di desa tersebut, Rosalinda menambahkan, pembangunan taman Taman Kingkong merupakan buah kerjasama antara Remaja Masjid (Remas) Baitur Rahman, pemerintah desa serta Bumdes.

“Kalau tidak salah anak anak Remas dan Bumdes yang mengelola desa berdaya ini,” ia menjelaskan.

Harapannya, imbuh Rosalinda, Taman Kingkong dapat memberikan manfaat bagi warga desa. “Khusunya buat pemuda desa agar memberi nilai postif untuk kemakmuran desanya sendiri,” ia memungkasi. (*)

 

Editor: Efendi Muhammad

Publisher: A. Zainullah FT

Baca Juga  Mantan Kades Dringu Diisukan Ditangkap Polisi, Apdesi Akan Demo Besar

Baca Juga

Ada Pabrik Baru di Pasuruan, Siap Ciptakan Ribuan Lapangan Kerja

Pasuruan,– Kabar gembira datang dari Jawa Timur. Hari ini, Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur, Adhy …