BANJIR: Salah seorang warga memantau banjir yang menerjang pemukimannya.

Sungai Meluap, Banjir Terjang Satu Desa di Krejengan. 

Krejengan,- Curah hujan tinggi yang mengguyur wilayah Kabupaten Probolinggo, membuat Desa Sumberkatimoho, Kecamatan Krejengan, diterjang banjir, Senin (14/3/22) malam. Akibatnya, puluhan rumah warga terendam.

Pantauan PANTURA7.com, kawasan terdampak paling parah banjir adalahDusun Kasengan. Banjir memasuki pemukiman ini mulai pukul 20.20 WIB, bahkan hingga ketinggian 1 meter.

Warga Desa Sumberkatimoho, Muhammad Aminuddin mengatakan banjir yang menerjang desanya berasal dari luapan sungai yang terletak di sebelah selatan pemukiman warga. Sungai tersebut berjarak sekira 20 meter dari pemukiman warga.

“Air dari arah selatan dan akhirnya menggenang pemukiman warga,” ungkapnya.

Menurutnya, banjir menggenangi pemukiman penduduk selama sekitar 3 jam. Di dusun itu, sedikitnya ada 20 rumah warga yang terdampak banjir.

“Hampir semua rumah yang ada di desa ini tergenang banjir,” imbuh pria yang akrab disapa Aming ini.

Ia menambahkan, banjir memang menjadi ‘tamu’ rutin di desanya setiap musim hujan tiba. “Kalau hujan deras, air sungai meluap karena tidak mampu menampung air kiriman dari wilayah selatan,” papar dia.

Sementara itu, anggota Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Probolinggo, Aries Setyawan menjelaskan, banjir yang menggenahi Desa Sumberkatimohon sudah surut.

“Kondisi saat ini sudah berangsur surut,” jelas Aries singkat. (*)

 

 

Editor : Efendi Muhamad

Publisher : A. Zainullah FT

Baca Juga  Longsor Putus Akses Desa Wisata Tiris

Baca Juga

Rombongan Moge Kecelakaan di Jalur Pantura Sumberasih, Pasutri Tewas

Probolinggo,- Kecelakaan beruntun yang melibatkan lima kendaraan terjadi di jalur pantura, Desa Banjarsari, Kecamatan Sumberasih, …