Jelang Ramadhan, Gubernur Minta Produsen-Distributor Pasok Migor

PROBOLINGGO,- Menjelang Ramadhan, Gubernur Jawa Timur (Jatim), Khofifah Indar Parawansa meminta kepada seluruh produsen maupun distributor minyak goreng (migor) agar mendistribusikan seluruh stok migor. Hal itu agar masyarakat tidak yang kesulitan mendapatkan migor.

Sebab, dikatakan Khofifah, sebanyak 2,7 juta liter migor didistribusikan kepada operasi pasar murah dalam tiga hari belakangan. Itu di luar dari produsen atau pun produsen di wilayah Jawa Timur dalam arti seluruhnya didistribusikan untuk operasi pasar murah.

Dan pendistribusian atau pun penyaluran migor sebanyak 2,7 juta liter tersebut, menurut Khofifah melalui PT. Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) dan Asosiasi Pengusaha Pengemas Minyak Goreng Indonesia (APPMGI) bukan kepada produsen maupun distributor.

“Jika nantinya produsen atau pun distributor juga turut sama-sama menyalurkan, saya rasa untuk migor ini menjelang bulan Ramadhan akan lebih memenuhi kebutuhan migor lebih mudah dan lebih lancar,” kata Khofifah saat ditemui di Samsat Kraksaan, Minggu (6/3/2022).

Sebab, menurut mantan Menteri Sosial (Mensos), migor sangat berbeda dengan kedelai. Kedelai di Jawa Timur sendiri dan juga Indonesia sekitar 80 persen masih impor. Sedangkan migor mengandalkan produksi dalam negeri tanpa melalui impor.

“Jadi mudah-mudahan semuanya berseiring dengan proses manajemen di Kementerian Perdagangan, maka bisa terpenuhi kebutuhan masyarakat terkait dengan minyak goreng ini menjelang bulan Ramadhan,” kata gubernur.

Seperti diketahui, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Probolinggo sudah menggelar operasi pasar minyak goreng murah di pasar tradisional. Total sebanyak 44.166 liter minyak goreng murah sudah disalurkan selama Januari-Februari.

Rinciannya, di Pasar Dringu sebanyak 2.504 liter, Pasar Leces 2.500 liter, Pasar Maron 2.000 liter, Pasar Semampir 2.000 liter, Pasar Paiton 8.000 liter. Kemudian sebanyak 27.162 liter disalurkan kepada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kabupaten Probolinggo. (*)

Baca Juga  203 WBP Rutan Kraksaan Dapat Remisi, Seorang Langsung Bebas

 

Editor : Ikhsan Mahmudi

Publisher : Albafillah

Baca Juga

Sengketa Tanah Picu Konflik Sosial, Pemkab Lumajang Galakkan Sertifikasi Tanah Elektronik

Lumajang,- Puluhan tahun lamanya, beberapa masyarakat Kabupaten Lumajang mengalami krisis sosial yang disebabkan oleh sengketa …