Tangkal Radikalisme, Boy Rafli Amar Blusukan di Pasuruan

Pasuruan,- Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Boy Rafli Amar, berkunjung ke Pondok Pesantren Al Ikhlas, Kecamatan Rembang, Kabupaten Pasuruan, Rabu (16/2/2022) siang. Kunjungan Kepala BNPT ini, dalam rangka upaya meminimalisir paham radikal agar tidak menyebar di kalangan santri Pasuruan.

Dalam kunjungannya, Boy Rafli Amar berdialog langsung dengan Pimpinan Pondok Pesantren Al Ikhlas Rembang, KH Makmum Hadi beserta jajaran pengurus mengenai peran penting pondok pesantren dalam mengedukasi santrinya agar tidak terpapar paham-paham radikal.

“Kita tadi banyak berdialog dengan Pimpinan Pondok dan jajarn pengurus berkaitan dengan program-program pencegahan paham radikal terorisme,” kata Boy Rafli, kepada wartawan.

Menurut Boy Rafli, para pelaku terorisme memang kerap menyalahgunakan narasi-narasi terkait agama untuk kepentingan penyebaran paham radikal.

Oleh karenanya, dia berupaya melawan paham-paham radikal dengan mengedukasi para santri dan masyarakat terkait rasa cinta tanah air.

“Bagaimana pondok pesantren ikut andil kegaitan membangun semangat cinta tanah air atau hubbul waton minal iman seperti dicontohkan ulama-ulama leluhur bangsa kita,” ungkapnya.

Boy Rafli juga berharap adanya peran aktif para tokoh agama, ulama, kyai, dan tokoh masyarakat dalam menjaga para generasi muda agar lebih waspada akan bahayanya paham-paham radikal.

“Kita penguatan kepada para alim ulama, jangan sampai peserta didik kita, masyaralat kita terpapar dan tidak terasa ikut alur pikiran dari jaringan terorisme,” pungkasnya. (*)

Editor: Efendi Muhammad
Publisher: Albafillah


 

Baca Juga  Tersangka Pencabulan di Bawah Umur Mulai Sidang

Baca Juga

Rawan jadi Target Kejahatan, Toko Emas Diimbau Pasang CCTV

Probolinggo,- Meningkatnya mobilisasi masyarakat untuk berbelanja kebutuhan jelang lebaran, khususnya perhiasan, membuat Polres Probolinggo Kota …