Amankan Pilkades, Polresta Kerahkan 616 Pasukan Gabungan

Probolinggo – Sehari menjelang pemilihan kepala desa (pilkades) serentak, Polres Probolinggo Kota (Polresta) menggelar apel pergeseran pasukan Operasi Mantap Praja Prabu Semeru 2022, Rabu (16/2/2022). Sebanyak 616 personel gabungan akan ditugaskan untuk mengamankan pilkades di 31 desa di wilayah hukum Polresta.

Apel pergeseran pasukan di halaman Mapolresta Probolinggo dipimpin Kapolresta Probolinggo, AKBP Wadi Sa’bani didampingi Plt Bupati Probolinggo, Timbul Prihanjoko, serta perwakilan Kodim 0820.

Dari sebanyak 616 perseonel gabungan, sebanyak 227 di antaranya merupakan bantuan dari luar. Yakni dari Sat Brimob Polda Jatim, Polresta Banyuwangi, Polres Jember, Polres Situbondo, Polres Bondowoso, dan Polres Lumajang.

“Nantinya 616 pasukan gabungan ini akan ditempatkan di 295 TPS, di 31 dDesa, di mana Kecamatan Sumbetasih 9 desa, Kecamatan Wononerto 8 desa, dan Kecamatan Tongas ada 14 desa. Selain itu, kepada petugas saya berharap dapat melaksanakan tugasnya dengan sungguh- sungguh, profesional dan maksimal,” ujar AKBP Wadi Sa’bani.

Nantinya, personel gabungan itu akan mengamkankan pilkades selama tiga hari, 16-18 Februari 2022. “Diharapkan, dengan pengamanan ini, pelaksanaan pilkades serentak ini dapat berjalan dengan aman dan kondusif,” imbuh kapolresta.

Setelah apel pergeseran pasukan, Polres Probolinggo, bersama Satpolair Polres Probolinggo melakukan pengawalan dalam pendistribusian kotak suara untuk pilkades di Desa Giliketapang, Kecamatan Sumberasih.

Ke-34 kotak suara ini diangkut menggunakan sebuah kapal penyeberangan dan dikawal sebuah kapal patroli milik Satpolair Polres Probolinggo. Nantinya, 34 kota suara ini akan distribusikan ke 17 tempat pemungutan suara (TPS).

“Nantinya 18 personel dari Polres Probolinggo Kota dan di tambah dengan seorang personel TNI dari Kodim 0820 melakukan pengamanan selama pelaksanaan pilkades di Giliketpang,” ujar Kasi Humas Polres Probolinggo Kota, Iptu Zainullah. (*)

Baca Juga  Pengawasan di Stadion Gelora Merdeka Diperketat

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Albafillah

Baca Juga

TPID Kota Probolinggo Buka Warung Sembako, Harga tak Menguras Kantong

Probolinggo,- Pemerintah Kota (Pemkot) Probolinggo melalui Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah dan Perdagangan (DKUMP), …