Dua Hari Lagi Pilkades Probolinggo, Gus Haris: Jaga Kondusifitas

KRAKSAAN,- Pemilihan kepala desa (pilkades) serentak di Kabupaten Probolinggo menyisakan dua hari lagi. Berbagai kalangan berharap agar pesta demokrasi di tingkat desa ini berjalan dengan baik, lancar dan aman serta keamanan dan ketertiban kamtibmas (kamtibmas) kondusif.

Harapan serupa diungkapkan kiai muda asal Desa Karangbong, Kecamatan Pajarakan, Kabupaten Probolinggo, Gus dr. Moh Haris Damanhury Romly. Dikatakannya, jika berbicara pilkades tidak bakal lepas dan tidak bakal terpisahkan dari kemaslahatan umat.

Menurut Gus Haris, sapaan akrabnya, beberapa faktor untuk menciptakan kemaslahatan umat di suatu tempat di antaranya, desa harus kondusif. Sebab, akibat dalam persaingan pilkades itu bisa menyisakan persoalan panjang yang dialami orang-orang terdekat.

“Gesekan-gesekannya pasti dengan orang yang setiap hari berpapasan dengan kita yang lantaran side effect dari Pilkades. Sehingga nanti menyisakan persoalan beberapa tahun kemudian dikarenakan adanya sentuhan-sentuhan dari pilkades ini,” kata Gus Haris, Selasa (15/2/2022).

Oleh karena itu, lanjut keponakan Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Timur, KH. Moh Hasan Mutawakkil Alallah itu, agar pilkades kali ini benar-benar dijadikan sebagai demokrasi yang nantinya jika muncul pemimpin baru itu tetap harus diterima semua pihak.

“Alumni dan orang-orang yang masih mendengar kami, monggo sejatinya pilkades ini dijadikan sebuah momen demokrasi yang memiliki seorang pemimpin dan apapun pada akhirnya jika sudah terjalani dan ada yang terpilih secara demokrasi itu harus diterima,” tutur Gus Haris.

Gus Haris menambahkan, jika proses pilkades sampai terpilihnya pemimpin baru diterima oleh semua kalangan, bukan tidak mungkin lagi kemaslahatan umat tercipta dan kegaduhan yang sejatinya mengundang mudharat bisa dihindari antar pendukung.

“Kegaduhan-kegaduhan ini justru akan jauh banyak mudharatnya. Memang, mesti ada yang tidak puas dengan hasilnya dan sebagainya, tapi prinsipnya kita semua berharap semuanya aman dan tentram terutama di Kabupaten Probolinggo ini,” tutur pria yang juga Ketua HKTI Kabupaten Probolinggo ini. (*)

Baca Juga  Wanita Pemilik Warkop di Leces Ditemukan Tewas, Korban Pembunuhan?

Editor : Ikhsan Mahmudi
Publisher : Albafillah

Baca Juga

Dinilai Langgar Perda, Pemkot Pasuruan Tertibkan PKL di Jl. Sultan Agung dan Pelabuhan

Pasuruan,- Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Pasuruan, melakukan penertiban terhadap gerobak pedagang kaki …