Klaster Perkantoran, 14 Pegawai Pemkab Probolinggo Positif

KRAKSAAN,- Sekitar dua pekan terakhir, lonjakan Covid-19 di Kabupaten Probolinggo meningkat signifikan. Bahkan sebanyak 14 orang, yang bekerja di empat Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo terkonfirmasi positif.

Keempat OPD tersebut yakni, Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo), Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) dan Mal Pelayanan Publik (MPP). Di luar empat OPD itu, seorang dari instansi vertikal yakni, Pengadilan Negeri (PN) Kraksaan juga terinfeksi Covid-19.

Juru Bicara (Jubir) Satgas Percepatan Covid-19 Kabupaten Probolinggo, dr. Dewi Vironica mengatakan, 14 pegawai tertular Covid-19 melalui klaster perkantoran. Namun, Satgas Covid-19 sudah melakukan tracing mereka yang kontak erat dengan pegawai yang positif Covid-19.

“Kalau tracing sudah setelah diketahui terkonfirmasi, karena untuk memastikan sempitnya penularan kepada OPD yang lainnya. Sejak lonjakan Covid-19, hanya itu (OPD) yang terpapar semoga tidak meluas,” kata dr. Viro, panggilan akrab dr. Dewi Vironica, Rabu (30/6/2021).

Meski begitu, lanjut dr. Viro, tidak ada wacana lockdown dari pihak satgas terhadap empat OPD. Alasannya, hasil tracing seluruhnya menunjukkan negatif dan pengetatan protokol kesehatan serta pemberlakuan batasan 25 persen.

“Kalau untuk lockdown tidak, yang terpenting prokes tetap diperketat. Tapi di sisi lain, pemberlakuan WFH (Work from Home) juga penting. Kalau dulu jika ada salah satu kantor zona merah persentasenya harus 50 persen, sekarang 25 persen,” ungkap perempuan asal Balikpapan ini.

Seperti diketahui, terhitung sejak Selasa (29/6/2021) terdapat dua kecamatan masuk dalam zona merah, yaitu Kraksaan dan Leces. Sedangkan total keseluruhan pasien positif Covid-19 sebanyak 3.432. Terinci, 139 pasien dirawat, 3.092 sembuh dan 201 meninggal dunia.(*)

Baca Juga  Ban Copot, Pikap Muat Ikan Hantam 2 Kendaraan

Editor : Ikhsan Mahmudi
Publisher : Albafillah

Baca Juga

Tunaikan Ibadah Haji, 24 ASN Kota Probolinggo Ajukan Cuti

Probolinggo,- Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kota Probolinggo tahun ini memberangkatkan 201 calon jemaah haji (CJH). …