Jalan Rusak Dibiarkan, Warga Swadaya

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Jalan penghubung antar Desa Alaspandan dan Bucor Kulon, Kecamatan Pakuniran, Kabupaten Probolinggo amblas dan tak bisa dilalui kendaraan roda empat. Lantaran Tak kunjung diperbaiki, warga akhirnya memperbaiki sendiri secara swadaya.

Jalan amblas tersebut berada tepat di perbatasan antara Desa Bucor Kulon dan Desa Alas Pandan. Jalan amblas sudah terjadi sejak tahun 2018 lalu. Lantaran tak begitu besar, kendaraan roda empat masih bisa melintasi.

Namun sejak awal Januari 2019lalu, saat hujan gencar-gencarnya, kerusakan jalan semakin melebar sehingga kendaraan roda empat tak bisa melintas. Parahnya lagi, sejak amblas hingga saat ini belum pernah ada perbaikan dari pihak terkait.

Kesal jalan amblas dibiarkan, warga sekitar memutuskan untuk mencari sumbangan dana sebagai biaya perbaikan jalan. Sementara proses pengerjaan, dilakukan dengan bergotong royong atau swadaya masyarakat sekitar.

“Warga cari sumbangan kemana-kemana dan gotong rotong untuk memperbaiki jalan ini, supaya bisa difungsikan lagi oleh warga seperti biasanya” kata salah satu warga Desa Bucor Kulon, Yusuf, pada Sabtu (16/3/2019)

Yusuf memastikan bahwa anggaran perbaikan murni didapat dari sumbangan warga Desa Bucor Kulon dan Desa Alas Pandan. “Ada yang nyombang Rp 300 ribu, ada yang Rp 50 ribu. Kalau nggak gitu, seterusnya jalan ini tidak bakal diperbaiki,” paparnya.

Menurut Ketua RT Dusun Kolor, Desa Bucor Kulon, Hanapi, pihaknya ketika rapat musrenbang pernah mengusulkan agar jalan tersebut segera diperbaiki. Namun pihak desa selalu menolak dengan alasan, perbaikan jalan merupakan tanggung jawab dari pemerintah Kabupaten Probolinggo.

“Bukan amblas saja, sepanjang jalan desa itu juga rusak semua. Warga tidak lagi lewat di makadam, tapi lebih parah karena aspalnya sudah banyak yang rusak dan mengelupas,” ujar Hanapi saat dikonfirmasi.

Baca Juga  DPRD-Pemkot Probolinggo Sepakati 23 Raperda masuk Propemperda Tahun 2023

Terpisah, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Probolinggo Prijono menyampaikan, ia belum mengetahui soal kerusakan jalan tersebut. Prijono mengaku tahu adanya jalan amblas setelah dikonfirmasi wartawan. “Baik, secepatnya kami kroscek kebenarannya,” ungkapnya. (*)

 

 

 

Penulis : Moh Ahsan Faradies

Editor : Efendi Muhammad

Baca Juga

Dinilai Langgar Perda, Pemkot Pasuruan Tertibkan PKL di Jl. Sultan Agung dan Pelabuhan

Pasuruan,- Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Pasuruan, melakukan penertiban terhadap gerobak pedagang kaki …