Plengsengan Sungai Ambrol, Dapur 2 Rumah Rusak

Probolinggo – Dapur dua rumah warga di Jalan KH. Fadhol, Gang Bangkit, Kelurahan/ Kecamatan Kademangan, Kota Probolinggo rusak, Kamis malam (3/2/22). Rusaknya dapur dua rumah itu karena plengsengan yang berada di dekatnya ambrol.

Dua dapur yang rusak itu milik Sura (40) dan Yulianto (42), warga Kademangan. Ambrolnya plengsengan Sungai Legundi itu diketahui pukul 20.00.

“Saya waktu itu habis salat Isya di kamar, tiba-tiba saya dikagetkan dengan suara keras. Setelah saya lihat ternyata dapur bagian belakang rumah saya rusak, karena ambrolnya plengsengan sungaj,” ujar Sura.

Tak hanya sebagian dapur milik Sura saja yang rusak. Sebagian dapur milik Yulianto juga rusak, dimana tembok bagian belakang rumahnya rusak. Akibatnya, bagian belakang rumah terbuka, dan kamar mandi tidak dapat dipakai lantaran kondisinya mengkhawatirkan.

“Saat kejadian terjadi, saya sedang di kamar depan, sedangkan istri sedang di belakang cuci baju. Mendengar ada bunyi gemuruh saya langsung ke belakang untuk melihat, ternyata tembok dapur bagian belakang rusak,” ujar Yulianto.

Dari dua rumah yang dapurnya rusak, kerusakan terparah terjadi di rumah milik Sura, dimana tembok pembatas dapu bagian belakang rusak, akibatnya, bagian dapur tersebut terbuka.

Kejadian tersebut langsung ditindaklanjuti oleh BPBD Kota Probolinggo. Jumat pagi (4/2/2022), petugas langsung menyerahkan bantuan berupa dua buah terpal. Terpal itu untuk menutup bagian belakang dapur yang terbuka, agar tidak kehujanan.

“Selain memberikan bantuan terpal, kami juga melakukan survei. Hasil survei, kami meminta pemilik agar tidak menggunakan dapurnya, karena rawan terjadi ambrol,” ujar Kasi Rehab Rekom BPBD Kota Probolinggo, Solehudin Ayub.

Selain itu, dari kejadian ini ditaksir biaya perbaikan akibat rusaknya dua dapur milik warga Rp3 juta. Ambrolnya plengsengan ini panjangnya mencapai sekutar 10 meter, dan kami akan ajukan perbaikannya plengsengan tersebut ke provinsi,” imbuhnya.

Baca Juga  Hendak Nyalip, Pemotor Terlindas Truk

BPBD Kota Probolinggo mengimbau warga rumahnya berada di bantaran sungai untuk selalu waspada. Mereka diminta segera memindahkan barang-barangnya jika ada tanda-tanda plengsengan sungai akan ambrol. (*)


Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Albafillah

Baca Juga

Rombongan Moge Kecelakaan di Jalur Pantura Sumberasih, Pasutri Tewas

Probolinggo,- Kecelakaan beruntun yang melibatkan lima kendaraan terjadi di jalur pantura, Desa Banjarsari, Kecamatan Sumberasih, …