Pencurian Marak, Kapolresta: Tak Terkait Pilkades

Probolinggo – Aksi pencurian kendaraan bermotor (curanmor) dan pencurian hewan ternak (curwan) di wilayah hukum Polres Probolinggo Kota (Polresta) akhir-akhir ini marak terjadi. Kapolresta AKBP Wadi Sa’bani menilai, maraknya kasus pencurian bukan fenomena menjelang pemilihan kepala desa (pilkades) seretak di 250 desa di Kabupaten Probolinggo.

“Memang akhir-akhir sering terjadi kasus curanmor dan curwan tetapi tidak terkait pilkades, ini ‘case by case’,” ujar kapolresta saat bertemu wartawan dalam acara “Ngopi Bareng Awakmedia” (Piramida) di mapolresta setempat, Rabu (26/1/2022).

Kapolresta mengaku, sering mendengar obrolan di warung kopi terkait intensitas keamanan dengan suasana menjelang pilkades. “Di warung kopi, ada yang mengatakan, ‘Kalau desa ini ingin aman, harus pilih cakades ini’,” ujarnya.

Memang tidak menutup kemungkinan, terjadi kasus pencurian ada yang bermotif pilkades. “Bagi kami tidak terlalu penting motifnya apa, yang jelas kasus kejahatan harus dicegah dan ditangani,” katanya.

Kasus kriminalitas, kata AKBP Wadi, juga menyesuaiakan perkembangan zaman. Dicontohkan, dulu tidak ada kasus pencemaran nama baik melalui media sosial (medsos) karena medsos belum muncul.

“Maraknya curanmor juga terkait semakin banyaknya warga yang memiliki sepeda motor sebagaii alat transportasi,” katanya.

Bahkan kasus curwan pun sekarang sangat beragam jenisnya. “Ada yang pelaku langsung mencuri di kandang, ada yang menyembelih sapi kemudian dibawa dagingnya, penipuan dengan modus pura-pura membeli sapi, setelah sapi berpindah tangan, pelaku kabur,” ujarnya.

Terkait adanya sebagian warga yang enggan melapor ke polisi saat menjadi korban kejahatan, kapolresta mengatakan, bisa jadi karena ada sebagian masyarakat yang beranggapan demikian. “Mereka beranggapan percuma lapor polisi, sapi yang dicuri tidak akan kembali,” katanya.

Kapolresta mengimbau, warga yang menjadi korban kejahatan melapor ke polisi. Dengan demikian polisi bisa menyelidiki dan mengumpulkan data. Sehingga bila kemudin muncul kasus serupa bisa dipetakan siapa pelakunya. (*)

Baca Juga  Razia Warung Kopi, Satpol PP Garuk 5 PSK dan 9 Pemandu Lagu

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Albafillah

Baca Juga

Modus Beli Makanan, Pengamen asal Lumajang Justru Curi Motor

Probolinggo,- Silo (29) pengamen asal Kecamatan Padang, Kabupaten Lumajang dibekuk Satreskrim Polres Probolinggo Kota. Ia …