Sudah 2 Hari, Banjir di Grati Pasuruan Belum Surut

GRATI,- Banjir masih menggenangi wilayah Desa Kedawung Kulon dan Kedawung Wetan, Kecamatan Grati Kabupaten Pasuruan, Senin (17/1/2022) pagi. Padahal, kawasan ini sudah terendam banjir sejak 2 hari lalu.

Debit air di Sungai Rejoso yang masih tinggi, menjadi penyebab lamanya banjir yang merendam kawasan itu untuk surut.

Menurut warga Desa Kedawung Wetan, Andre, banjir sudah mulai terjadi sejak Sabtu (15/1/2022). Hingga sekarang, desanya masih terendam.

Di Kedawung Wetan ada 2 dusun yang masih tergenag air. Meliputi dusun Kajar Kuning dan Dusun Krajan.

“Ada dua Dusun yang masih banjir, saat ini ketinggian air masih selutut orang dewasa atau sekitar 50 sentimeter,” kata Andre.

Sementara itu, Sekretaris Desa Kedawung Kulon, Agung, mengatakan, di Desa Kedawung Kulon banjir yang belum surut juga tersebar di 2 dusun. Yaitu Dusun Kebrukan dan Dusun Kedawung.

Di Dusun Kebrukan, ketinggian air masih 50 sentimeter. Sedangkan di Dusun Kedawung, debit air tinggal menyisakan sekitar 10 sentimeter.

“Di Kebrukan masih selutut orang dewasa, sedangkan di Dusun Kedawung hanya di gang-gang sisa airnya,” ia menambahkan.

Menurutnya, banjir di wilayah tersebut belum surut karena debit air di sungai masih tinggi. Alhasl, banjir tetap menggenang lantaran saluran pembuangan juga dipenuhi air.

“Sungai masih belum surut, kalau sungai sudah turun debitnya otomatis banjir di Dusun Kebrukan ikut surut,” pungkasnya. (*)

Editor: Efendi Muhammad
Publisher: Albafillah

Baca Juga  Aneh! Rumah Warga Terbakar saat Banjir Terjang Dringu

Baca Juga

Rombongan Moge Kecelakaan di Jalur Pantura Sumberasih, Pasutri Tewas

Probolinggo,- Kecelakaan beruntun yang melibatkan lima kendaraan terjadi di jalur pantura, Desa Banjarsari, Kecamatan Sumberasih, …