Erupsi Gunung Semeru, 13 Warga Lumajang Meninggal Dunia dan Puluhan Alami Luka Bakar

LUMAJANG,- Penanganan terus diupayakan beberapa pihak terhadap erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang. Bahkan, hingga saat ini Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat terus mencari warga yang dilaporkan hilang ataupun diperkirakan hilang.

Berdasarkan informasi Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letnan Jenderal TNI Suharyanto, total sebanyak 13 orang dilaporkan meninggal dunia akibat peristiwa tersebut. Adapun yang baru teridentifikasi dua orang berasal dari Curah Kobokan dan Kubuan, Kecamatan Pronojiwo.

“Selain itu, 41 orang yang mengalami luka-luka, khususnya luka bakar, telah ditangani di Puskesmas Penanggal. Selanjutnya mereka dirujuk menuju RSUD Haryoto dan RS Bhayangkara. Sementara warga luka ditangani di beberapa fasilitas kesehatan,” kata Suharyanto, Minggu (5/12/2021).

Rinciannya, lanjut Suharyanto melalui rilis pers, 40 orang dirawat di Puskesmas Pasirian, 7 orang di Puskesmas Candipuro, serta 10 orang lain di Puskesmas Penanggal yang dua diantaranya terdapat dua orang ibu hamil.

“Tim gabungan juga berhasil melakukan evakuasi warga yang tadi malam dilaporkan oleh Wakil Bupati Lumajang yang terjebak di kantor pemilik tambang. Saat ini para warga telah ditempatkan di Pos Curah Kobokan untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut,” tutur dia.

Sekedar informasi, Gunung Semeru yang terletak di Kabupaten Malang dan Lumajang erupsi, Sabtu (4/12/2021) siang. Meletusnya gunung tertinggi di pulau Jawa itu terjadi sekitar pukul 15.00 WIB, bahkan saat ini, di media sosial masih menjadi perbincangan hangat.

Bahkan, insiden yang disebut sebagai kiamat kecil itu juga mengakibatkan jembatan gladak perak yang merupakan jembatan penghubung antara Kabupaten Lumajang dan Malang putus total sehingga arus lalu lintas (Lalin) macet. (*)

 

Editor : Ikhsan Mahmudi

Publisher : A. Zainullah FT

Baca Juga  Gudang Rongsokan di Kraksaan Terbakar, Kerugian Capai Segini

Baca Juga

Rombongan Moge Kecelakaan di Jalur Pantura Sumberasih, Pasutri Tewas

Probolinggo,- Kecelakaan beruntun yang melibatkan lima kendaraan terjadi di jalur pantura, Desa Banjarsari, Kecamatan Sumberasih, …