Bantuan PKH Dipotong, Warga Randuputih Datangi Mapolsek Dringu

Probolinggo – Puluhan warga yang menjadi korban pemotongan dana bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) mendatangi kantor Mapolsek Dringu, Senin (15/11/21) siang. Puluhan warga yang didominasi emak-emak (ibu rumah tagga) ini kemudian dimintai keterangan oleh petugas.

Rata-rata warga yang menjadi korban pemotongan dana PKH itu merupakan warga Desa Randuputih, Kecamatan Dringu.

Salah satunya, Joko Riyadi (40), warga Dusun Krajan, Desa Randuputih, RT 6, RW 2, Kecamatan Dringu. Ia mengaku, pada 2021 ini, bantuan PKH tahap 2 yang seharusnya cair tidak dicairkan. Sedangkan untuk tahap 3, ada pemotongan Rp 850 ribu dari total dana Rp1.350.000.

“Karena curiga, saya datang ke bank, dan ternyata di rekening koran yang saya cetak, tertulis uang sebesar Rp1.350.000, sudah ditarik, namun uang tersebut tidak sampai ke saya,” ujarnya.

Tak hanya Joko yang menjadi korban pemotongan dana PKH. Sekitar 30 orang warga Desa Randuputih, RT 6, yang terdaftar mendapat PKH juga dipotong. Pemotongan uang bantuan dari Kementrian Sosial ini diduga dilakukan oleh oknum ketua kelompok.

Para penerima PHK, RT 6, mengaku ketua kelompok meminta seluruh kartu ATM penerima, dengan alasan jika kartu ATM penerima terblokir, tidak akan menguruskan ke bank. Oleh karena itu 30 penerima PKH memberikan ATM-nya.

“Setelah pelaporan yang dilakukan di Mapolres Probolinggo, kini, sejumlah warga Randuputih dilakukan pemeriksaan di mapolsek. Mereka yang diperiksa ini, dana PKH-nya telah dipotong oleh oknum ketua tersebut,” imbuh Joko.

Sebelumnya, sejumlah warga yang geram terhadap pemotongan dana PKH , 8 Oktober 2021 lalu melapor ke Mapolres Probolinggo. Laporan tersebut ditindaklanjuti dengan kembali melakukan pemeriksaan sejumlah korban di Mapolsek Dringu. (*)


Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Albafillah

Baca Juga  Sulit Dapat Solar, Nelayan di Kota Pasuruan Minta Dibangunkan SPBU Khusus

Baca Juga

Ada Pabrik Baru di Pasuruan, Siap Ciptakan Ribuan Lapangan Kerja

Pasuruan,– Kabar gembira datang dari Jawa Timur. Hari ini, Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur, Adhy …