Pemkot Tambah Dua Paket Jalur Sepeda di Jalan Protokol

Probolinggo – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Probolinggo kembali menambah jalur sepeda di sejumlah jalan protokol. Direncanakan seluruh jalan protokol di Kota Probolinggo akan dilengkapi jalur sepeda.

Hal itu diungkapkan Pejabat Pembuat Komitmet (PPK) Dishub Kota Probolinggo, Partono Bastian. Dikatakan ada dua paket pembuatan jalur sepeda yang dilakukan Dishub Kota Probolinggo.

Paket petama meliputi, Jalan Gubernur Suryo sebagai lanjutan jalur sepeda Jalan AA. Maramis, Jalan Supriyadi, Jalan Soekarno-Hatta menyambung dengan jalur sepeda di Jalan Pahlawan.

Sedangkan paket dua meliputi, Jalan A. Yani, Jalan Basuki Rahmad, sampai dengan simpan tiga Jalan Gatot Subroto. Jalur sepeda dibuat dengan lebar 120 cm dan ketebalan marka 12 cm.

“Saat ini marka jalur sepeda sudah dibuat, namun untuk rambu -rambunya masih dalam proses pembuatan. Diperkirakan bulan Desember jalur sepeda ini sudah dapat digunakan lengkap dengan rambu-rambunya,” ujarnya.

Anggaran dua paket pembuatan jalur sepeda menggunakan APBD tahun 2021 sebesar Rp394 juta, terinci, Rp196 juta dan Rp198 juta.

Sementara terkait jalur sepeda sering digunakannya parkir mobil, saat ini Dishub masih mencari win-win solution. Salah satu rencana solusinya, yakni pembatasan bagi pengguna sepeda di jalur sepeda, namun demikian, hal ini masih sebatas rencana.

“Nantinya seluruh jalan protokol rencananya akan dibuat jalur sepeda, dengan titik terpusat di alun- alun. Kami berharap, jalur sepeda ini dapat digunakan dan dimanfaatkan oleh masyarakat demi keselamatan dan kelancaran pengguna jalan,” imbuh Partono. (*)


Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Albafillah

Baca Juga  Tiga Ruas Jalan Dihotmix, Ditargetkan Tuntas Pertengahan Desember

Baca Juga

TPID Kota Probolinggo Buka Warung Sembako, Harga tak Menguras Kantong

Probolinggo,- Pemerintah Kota (Pemkot) Probolinggo melalui Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah dan Perdagangan (DKUMP), …