Sepekan Gelar PTM, Pemkot Probolinggo Segera Evaluasi

PROBOLINGGO,- Sejumlah sekolah di Kota Probolinggo sejak Kamis (9/09/21), menggelar Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas. Uji coba PTM ini saat ini sedang dievaluasi untuk menentukan sistem pembelajaran selanjutnya.

Kasi Kurikulum dan Penilaian Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Probolinggo Sutriono Hariyadi, sedikitnya ada 19 Sekolah Dasar Negeri (SDN) dan 9 Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) di Kota Probolinggo yang telah melaksanakan PTM.

“Saat PTM mulai dilaksanakan, level PPKM di Kota Probolinggo masih level 3. Namun karena ada surat edaran yang memperbolehkan sekolah menggelar PTM, maka sekolah yang siap kita persilahkan melaksanakan PTM,” kata Sutriono, Kamis (16/9/21).

Wilayah yang status PPKM-nya berada di Level 3, imbuh Sutriono, dapat menggelar PTM dengan syarat kuota ruang belajar hanya 50 dari kapasitas normal. Selain itu, protokol kesehatan (prokes) diterapkan secara ketat.

“Saat ini, meskipun status Kota Probolinggo turun dari level 3 ke level 2, lembaga pendidikan disini masih menerapkan kuota 50 persen bagi siswa yang masuk,” tandas dia.

Terkait penambahan jumlah sekolah yang bisa menggelar PTM, Sutriono menjelaskan, hal tersebut bisa saja namun setelah melalui tahap evaluasi dari dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Probolinggo.

Selain itu, ada surat rekomendasi dari Tim Satgas Covid-19. Jika dari hasil evaluasi, PTM dinilai cukup baik dan rekomendasi Satgas Covid-19 setempat keluar, maka jumlah sekolah pelaksana PTM bisa ditambah, tak terkecuali prosentase jumlah siswa dalam kelas.

“Sampai saat ini kita tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat baik bagi lembaga pendidikan yang menggelar PTM maupun siswa sebagai syarat penyelenggara. Jika ada kekurangan dalam prokes, maka teguran akan kita berikan,” pungkas Sutriono. (*)

Baca Juga  Santri Genggong Berprestasi Internasional, Kiai Mutawakkil: Santri Harus Berkualitas

Editor: Efendi Muhammad
Publisher: Albafillah

Baca Juga

Diikuti Ratusan Pelajar se-Jawa Timur, Excellent Festival of SMA Unggulan Haf-Sa Berlangsung Meriah

Probolinggo,- Gelaran Excellent Festival of SMA Unggulan Haf-Sa (Exfesh) di lingkungan Pesantren Zainul Hasan (PZH) …