Akibat Puntung Rokok, Gudang Kayu Sengon di Tiris Terbakar

PROBOLINGGO,- Kebakaran terjadi di gudang kayu sengon di Dusun Krajan, RT 12, RW 20, Desa Pesawahan, Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo, Selasa (17/8/2021) sekitar pukul 18.00 WIB. Beruntungnya tidak ada korban jiwa hanya seisi gudang hangus.

Informasi yang diperoleh, dugaan sementara gudang milik Hosnan, warga sekitar terbakar dan duga dipicu puntung rokok yang dibuang sembarangan. Api kemudian mengenai tumpukan sisa-sisa serbuk kayu gergajian di tempat kejadian perkara (TKP).

Kepala Seksi Pemadaman dan Penyelamatan Damkar Satpol PP kabupaten Probolinggo, Su’ud mengatakan, diduga ada salah satu pekerja membuang puntung rokok yang masih menyala. Tanpa disadari, puntung tersebut mengenai serbuk kayu.

“Kebetulan juga, angin kencang membuat api mudah menyala. Sehingga sedikit demi sedikit api mulai membesar dan membakar tumpukan kayu sengon yang letaknya berdekatan dengan serbuk,” kata Su’ud, Rabu (18/8/2021).

Sebelum mobil pemadam tiba, lanjut Su’ud, para pekerja dan warga sekitar masih mencoba untuk memadamkan api, menggunakan alat seadanya. Hanya saja, karena angin yang kencang dan kayu yang menumpuk membuat si jago merah dengan mudah menjalar hingga membesar.

“Karena kondisinya memang tidak bisa dipadamkan lewat alat seadanya. Kemudian pada pukul 18.19 WIB, warga sekitar melapor kepada Damkar Kabupaten Probolinggo. Dari laporan itu kemudian kami langsung ke lokasi,” ujar Su’ud saat dikonfirmasi.

Sekitar pukul 19.10 WIB, lanjut Su’ud, ada dua unit mobil damkar dengan kapasitas 6.000 liter dan 3.000 liter air dikerahkan tiba di lokasi. Namun, tetap saja proses kebakaran sulit diatasi. Apalagi letak gudang dengan tempat pengambilan air cukup jauh.

“Jalannya juga terjal. Akhirnya sekitar tiga jam kemudian bisa dipadamkan. Alhamdulillah tidak ada korban jiwa baik warga sekitar ataupun pekerja gudang. Hanya saja kerugian material ditaksir kurang lebih mencapai Rp70 juta,” tutur Su’ud. (*)

Baca Juga  Avanza Tertabrak KA di Kraton, Penumpang Tewas Seketika

 

Editor : Ikhsan Mahmudi

Publisher : A. Zainullah FT

Baca Juga

Hendak Jaga Kapal, ABK asal Wonoasih Tewas Tenggelam

Probolinggo,- Seorang anak buah kapal (ABK) yang sedang bersandar tenggelam usai terjatuh dari atas kapal, …