Kosong Sebulan, KPU Probolinggo Buka Seleksi Sekretaris Baru

KRAKSAAN,- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Probolinggo membuka seleksi sekretaris di wilayah kerjanya. Hal ini dilakukan usai terbit surat pengumuman nomor : 01/Set-Tuk-JS/SetJenKPU/VIII/2021 dari KPU Republik Indonesia (RI).

Dalam surat Pengumuman Seleksi Terbatas Pengisian Jabatan Sekretaris Komisi Pemilihan Umum/Komisi Independen Pemilihan Kabupaten/Kota 2021 itu dilakukan serentak oleh 26 provinsi salah satunya di Jawa Timur (Jatim) yakni, di Kabupaten Probolinggo.

Diketahui sebelumnya, kursi Sekretaris KPU Kabupaten Probolinggo terhitung kosong sejak pertengahan Juli 2021 lalu. Hal itu setelah ditinggal Ulfi Ningtyas yang saat ini menjabat Camat Dringu pada mutasi jabatan eselon III.

Komisioner KPU Kabupaten Probolinggo Devisi SDM dan Partisipasi Masyarakat, Aliwafa membenarkan, adanya penyeleksian Sekjen KPU. Persyaratannya, baik khusus maupun umum, di antaranya berusia maksimal 55 dan telah melaporkan LHKPN/LHKASN Tahun 2020.

“Kalau ditotal itu ada sekitar 14 poin untuk persyaratan umum yang harus dipenuhi calon sekretaris KPU. Sedangkan untuk lebih jelasnya bisa kunjungi link KPU RI di https://www.kpu.go.id/ ,” kata Aliwafa saat dikonfirmasi, Senin (16/8/2021).

Sedangkan untuk persyaratan khususnya, lanjut Aliwafa, di antaranya diutamakan tidak pernah mendapat sanksi pelanggaran Kode Etik penyelenggara pemilu berupa peringatan keras, pemberhentian sementara atau tetap dari Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP).

“Tidak memiliki hubungan keluarga dengan Ketua atau anggota KPU serta Pejabat Sekretariat pada Satuan Kerja yang sama. Jadi peserta hanya boleh mendaftar pada satu jabatan Sekretaris. Ini syarat umum dan khusus hanya saya sebutkan beberapa,” jelas Aliwafa. (*)

 

Editor : Ikhsan Mahmudi

Publisher : A. Zainullah FT

Baca Juga  Asah Keterampilan, 20 Penyandang Disabilitas Lumajang Digembleng Pelatihan Olah Makanan 

Baca Juga

Genjot PAD, Pj Bupati Lumajang Bakal Seragamkan Penambang Pasir

Lumajang,- Demi mengatasi kebocoran Pendapatan Asli Daerah (PAD), Pj Bupati Lumajang, Indah Wahyuni, memiliki rencana …