Dinkes Intensifkan Fogging Cegah Demam Berdarah

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Probolinggo melakukan fogging atau pengasapan terhadap kawasan endemik penularan Demam Berdarah Dengue (DBD). Langkah ini ditempuh untuk membasmi nyamuk Aedes Aegypti yang membawa virus DBD.

Hingga Rabu (20/2/2019), Dinkes sudah melakukan 37 kali fogging di wilayah Kabupaten Probolinggo, mayoritas fogging dilakukan di kawasan pemukiman padat penduduk. Bahkan ada beberapa tempat yang sudah difogging hingga 2 kali.

Kasi Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Menular (P2PM) Dinas Kesehatan Kabupaten Probolinggo Dewi Vironica mengatakan, fogging menjadi salah satu upaya memberantas penyebaran DBD. Selebihnya, pola hidup masyarakat yang berpengaruh besar.

“Kawasan endemik yang berpotensi menimbulkan DBD, kami fogging lebih dari satu kali. Namun keberhasilan fogging ini tidak juga 100% dalam mencegah DBD, jika tidak ada kesadaran dari masyarakat,” kata Dewi kepada PANTURA7.com.

Dewi melanjutkan, peran serta masyarakat sangat penting dalam mencegah dan menekan penyebaran DBD. Fogging saja belum cukup tanpa adanya 3-M plus (Menutup, Menguras, Mengubur, red) dan menggunakan lotion dan semacamnya.

“Fogging tidak akan berdampak besar jika masyarakat pasif. Perlu diketahui, jentik nyamuk akan menjadi dewasa hanya dalam waktu 2-3 hari saja,” urai Dewi menjelaskan.

Bukti tidak efektifnya fogging, menurut Dewi, terlihat dari tingginya jumlah penderita DBD di Kabupaten Probolinggo sejak Januari hingga Februari tahun ini. Padahal selama periode itu, imbuh Dewi, pihaknya sangat inten melakukan fogging di tempat yang berbeda-beda.

“Penderita DBD sudah mencapai 144 orang, dan ini akan terus bertambah. Meskipun sudah dilakukan fogging, DBD tidak bisa berkurang jika hanya mengandalkan fogging, apalagi tahun ini memasuki siklus tiga tahunan,” ujarnya. (*)

 

 

 

Penulis : Moh Ahsan Faradies

Baca Juga  Mendung Halangi Pantauan Hilal di Pantai Duta

Editor : Efendi Muhammad

Baca Juga

Tambah 54 PJU Baru, Dishub Kota Probolinggo Alokasikan Anggaran Rp860 Juta

Probolinggo,- Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Probolinggo akan menambah puluhan Penerangan Jalan Umum (PJU) di sejumlah …