Vaksinasi Covid-19 Dikebut, ABK-nelayan Divaksin Diatas Kapal

PROBOLINGGO,- Polres Probolinggo benar-benar ngebut dalam proses vaksinasi Covid-19. Setelah memfasilitasi suntik vaksin bagi remaja, pelajar, lansia hingga kelompok difabel, korps coklat ini kini menyasar para pekerja laut.

Polres Probolinggo melalui Sat Polair, melakukan vaksinasi terhadap nelayan, nakhoda dan anak buah kapal, Kamis pagi (12/08/21). Penyuntikan vaksin dilakukan diatas kapal oleh petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP).

Menggunakan kapal patroli, petugas mendatangi setiap kapal yang sedang sandar di dermaga Pelabuhan Tanjung Tembaga Kota Probolinggo. Setelah melalui pendataan dan skrining, vaksinasi langsung dilakukan.

“Vaksinasi dengan jemput bola ini merupakan upaya proaktif kita untuk meningkatkan herd immunity para ABK dan nelayan sehingga bisa meminimalisir penyebaran Covid-19 di kalangan ABK dan nelayan,” ujar Kapolres Probolinggo, AKBP Teuku Arsya Khadafi.

Puluhan ABK dan nelayan yang disuntik vaksin, sebagian besar merupakan warga luar pulau, yang kebetulan memang belum divaksin. Otomatis, para pekerja laut ini baru suntik vaksin tahap pertama.

“Vaksinasi bagi ABK dan nelayan ini juga dilakukan di kantor Polairud. Mereka yang telah divaksin, paling tidak dapat memutus mata rantai penularan Covid-19,” Arsya menegaskan.

Vaksinasi dengan cara jemput bola dilakukan untuk mempecepat terbentuknya herd immunity atau kekebalan kelompok di masa pandemi Covid-19. “Khususnya di kalangan ABK kapal dan nelayan,” tandas Arsya.

Salah satu ABK kapal asal Lampung, Eko Purnomo (33), mengatakan, selama melaut ia tidak pulang ke kampung halamannya selama 6 bulan terakhir. Karena tuntutan kerja itu lah, ia tidak bisa pulang untuk suntik vaksin.

“Selama enam bulan bekerja, saya tidak ada waktu untuk pulang dan melakukan vaksinasi di Lampung. Dengan vaksinasi ini, saya cukup senang karena tidak usah antri untuk vaksin saat pulang nanti,” ungkap Eko senang. (*)

Baca Juga  PSK Bertarif Rp50 Ribu Diciduk di Kecamatan Paiton

 

Editor: Efendi Muhammad

Publisher: A. Zainullah FT

Baca Juga

Arus Mudik Lebaran, Sopir dan Kru Bus Diperiksa Kesehatan

Probolinggo,- Untuk memastikan kesehatan sopir dan kru bus, Dinas Kesehatan dan P2KB Kota Probolinggo, bersama …