Zona Merah di Probolinggo Bertambah, Kenakan Masker Berlapis

KRAKSAAN,- Saat ini kasus Covid-19 di Indonesia kembali menanjak lagi dan dalam fase gelombang kedua. Karena itu, Satuan Tugas Percepatan Covid-19 Kabupaten Probolinggo menerapkan opsi memakai masker ganda.

Juru Bicara (Jubir) Satuan Tugas Percepatan Covid-19 Kabupaten Probolinggo, dr. Dewi Vironica mengatakan, tujuan memakai double masker untuk mencegah atau menurunkan risiko terinfeksi Covid-19. Sehingga sangat dianjurkan bagi masyarakat.

Dikatakan perempuan asal Kota Balikpapan ini, masker berlapis memiliki banyak manfaat. Salah satunya dengan meningkatkan filterisasi masker.

Tentunya, kata dia, secara otomatis juga akan meningkatkan perlindungan dan menurunkan risiko Covid-19.

“Tapi dengan catatan, tidak semua masker bisa digunakan langsung double. Masker apa saja? Untuk pertama atau di dalam itu harus masker medis baru kemudian masker kain berlapis dan untuk masker scuba tidak dianjurkan,” kata dr. Viro, Minggu (4/7/2021).

Meski begitu, menurut dr. Viro, pemakaian double masker tidak dianjurkan jika dipakai terbalik, dalam artian masker kain dipakai di dalam dan masker medis dipakai diluar. Sebab, menurut dia, masker medis tidak dirancang ketat walaupun ditumpuk.

“Contohnya, kita mengenakan masker double, tapi dua-duanya masker medis, itu sama sekali tidak dianjurkan karena sekalipun ditumpuk tidak mempengaruhi keketatan masker. Persentasenya, masker medis saja 56,1 persen, masker kain 51,4 persen dan double masker 85,4 persen,” ujarnya.

Oleh karena itu, dr. Viro mewanti-wanti, agar masyarakat tetap patuh menerapkan protokol kesehatan (prokes) dengan maksimal terutama mengenakan masker. Sebab, meskipun sudah lengkap vaksinasinya tidak menjamin tak terjangkit.

“Apalagi terhitung sejak beberapa hari lalu, daerah atau kecamatan zona merah di Kabupaten Probolinggo bertambah lagi. Total ada 5, yaitu Leces, Tegalsiwalan, Tongas, Dringu dan Kraksaan dengan total pasien dirawat sebanyak 168 orang,” tutup dr. Viro. (*)

Baca Juga  Nataru, Pemkot Probolinggo Batasi Pengunjung Mal dan Wisatawan

 

Editor : Ikhsan Mahmudi

Publisher : A. Zainullah FT

Baca Juga

Arus Mudik Lebaran, Sopir dan Kru Bus Diperiksa Kesehatan

Probolinggo,- Untuk memastikan kesehatan sopir dan kru bus, Dinas Kesehatan dan P2KB Kota Probolinggo, bersama …