Yadnya Kasada Digelar Terbatas, Dijaga Ratusan Petugas Gabungan

PROBOLINGGO,- Untuk menyukseskan Yadnya Kasada di kawasan Gunung Bromo, Polres Probolinggo melibatkan sejumlah personel gabungan. Ratusal personel itu akan ditempatkan di sejumlah titik untuk pengamanan selama prosesi ritual berlangsung.

“Dari polres sendiri kami libatkan sekitar 60 personel, kemudian ditambah lagi personel TNI, satpol PP, Satgas dan petugas pengamanan dari warga. Jadi kira-kira 200 lebih personel gabungan,” kata Kapolres Probolinggo, AKBP Teuku Arsya Khadafi, Kamis (24/6/2021).

Para personel yang dilibatkan, lanjut dia, itu akan mulai berjaga secara bergantian di setiap titik termasuk berjaga di pos penutupan jalan sejumlah titik yang disediakan.

“Kami akan menjaga ketat pengamanan di sana. Agar tidak seenaknya orang luar yang bukan warga sekitar, masuk begitu saja. Karena kami juga mengantisipasi terjadi penularan Covid-19 selama acara berlangsung,” kata Arsya.

Dikatakan Arsya, ada sekitar tiga titik penutupan jalan selama acara ritual berlangsung. Dari Probolinggo ditutup di Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura, dari Pasuruan ditutup di Desa Wonokitri, Kecamatan Tosari dan dari arah Malang dan Lumajang ditutup di daerah Jemplang.

“Kami sudah berkoordinasi dengan pihak Polres Pasuruan juga dalam penutupan jalan ini. Karena beberapa wilayah penutupan itu masuk teritorial hukum Polres Pasuruan,” ujar mantan Kasatreskrim Polres Metro Jakarta Pusat, Polda Metro Jaya ini.

Sementara itu, Koordinator Pengawasan dan Keamanan Satgas Covid-19 Kabupaten Probolinggo, Ugas Irwanto mengatakan, pihaknya juga telah membatasi jumlah pengikut selama acara berangsung. Di dalam pura itu juga dibatasi maksimal 25 persen dari jumlah kapasitas.

“Tidak hanya itu, seluruh petugas dan warga yang terlibat dalam pelaksanaan itu harus di-swab terlebih dahulu. Termasuk para personel yang terlibat dalam pengamanan, kami tidak ingin muncul klaster baru selepas acara itu. Jadi antisipasi harus dilakukan,” tutur Ugas.(*)

Baca Juga  Gunung Semeru di Lumajang Kembali Erupsi, Kolom Letusan 1500 Meter

Editor : Ikhsan Mahmudi
Publisher : Albafillah

Baca Juga

Rombongan Moge Kecelakaan di Jalur Pantura Sumberasih, Pasutri Tewas

Probolinggo,- Kecelakaan beruntun yang melibatkan lima kendaraan terjadi di jalur pantura, Desa Banjarsari, Kecamatan Sumberasih, …