Harga Kedelai Naik, Pedagang Perkecil Ukuran Tempe

WONOASIH,- Harga kedelai di pasaran Kota Probolinggo menyentuh angka Rp11 ribu hingga Rp12 ribu per kilogram (Kg). Tentu saja, harga jual kedelai yang meroket membuat produsen tempe dan tahu menjerit.

Salah satu produsen tempe Muktar Ali (22) mengatakan, ia terpaksa memutar otak menyikapi lonjakan harga kedelai. Bagaimanapun, ia harus tetap menjual tempe kepada pelanggan setianya tanpa harus menaikkan harga jual.

“Saya menyiasatinya dengan cara merubah ukuran tempe menjadi lebih kecil. Kalau menaikkan harga, ya tidak mungkin. Kasihan pembelinya,” kata pemuda asal Gang 3, Kelurahan Sumbertaman, Kecamatan Wonoasih ini.

Sejak naiknya harga kedelai yang merupakan bahan baku pembuatan tempe, Muktar Ali, pembuat Tempe, yang saat ini menempuh kuliah di universitas Panca Marga ini harus menyiasati produksi tempe. Diantaranya yakni merubah ukuran tempe yang di jual.

Muktar mengaku bahwa telah 4 kali merubah ukuran tempe produksinya sejak bahan baku tempe naik. Yakni ukuran 22 x 50 cm, kemudian 21 x 50 cm, 20 x 50 cm, dan yang saat ia gunakan saat adalah 19 x 50 cm.

“Perubahan ukuran tempe yang saya produksi ini tak lepas dari naiknya harga tempe yang awalnya Rp7 ribu/Kg hingga saat ini hampir menyentuh harga 12 ribu perkilo”, ujarnya.

Meski merubah ukuran, namun menurutnya, tidak ada komplain dari pembeli. Hanya saja omset penjualan turun drastis hingga 50 persen lantaran ia juga mengurangi produksi seiring mahalnya bahan baku kedelai.

“Meski omset menurun, namun masih ada saja pelanggan maupun pembeli tempe yang beli. Mulai dari kalangan pesantren, pedagang tradisional , hingga distributor tempe di Kota Probolinggo dan Lumajang,” ujarnya.

Ia berharap, harga kedelai kembali normal agar para produsen tempe tidak kian kesusahan. “Saya berharap pemerintah. Mengambil kebijakan dengan mendorong petani menanam kedelai secara nasional, agat dapat mengimbangi kebutuhan kedelai nasional,” asanya.(*)

Baca Juga  Harga Ayam Tingkat Peternak Mulai Stabil

 

Editor: Efendi Muhammad
Publisher: Albafillah

Baca Juga

Harga Beras dan Gabah Jomplang Banget! Petani Lumajang Salahkan Beras Impor

Lumajang,- Harga beras premium di Kabupaten Lumajang kini mencapai Rp15.000 ribu per kilogram (kg). Ironisnya, …