Lima Bulan, Puluhan Pengendara Tewas di Jalur Pantura

PROBOLINGGO,- Sebanyak 160 kecelakaan lalu lintas (Lakalantas) yang terjadi sejak Januari hingga Mei 2021. Dari 160 kasus tersebut dilaporkan sebanyak 221 korban mulai, luka ringan, berat hingga meninggal dunia.

Terinci, 75 korban mengalami luka ringan (LR) dan 46 meninggal dunia (MD) dan untuk luka berat (RB) masih zero dari berbagai profesi yang didominasi swasta.

Sementara kendaraan yang terlibat kecelakaan ada lima, yakni 193 sepeda motor, 16 mobil penumpang umum (MPU), 33 mobil barang, dan 2 bus. Sedangkan untuk kendaraan khusus dari awal tahun hingga saat ini terdata nihil.

“Pada tiap bulannya, kendaraan yang terlibat kecelakaan didominasi oleh roda dua dengan angka paling tinggi pada April lalu sebanyak 54 kendaraan disusul mobil barang,” kata Kanitlaka Satlantas Polres Probolinggo, Iptu Nyoman Harayasa, Rabu (19/5/2021).

Sementara itu, lanjut Nyoman, untuk jenis kecelakaannya, itu didominasi oleh kecelakaan depan samping dengan 33 kejadian, lalu adu moncong 28 kejadian dan tabrak depan belakang ada 20 kejadian kemudian kecelakaan samping-samping 31 kejadian.

“Untuk lokasi kejadian kecelakaan sendiri, tertinggi angka kecelakaan terjadi di jalan nasional atau pantura, total ada 79 kejadian. Sedangkan untuk jalan kabupaten atau daerah itu ada 72 kejadian,” ungkap perwira asal Pulau Bali ini.

Dari kejadian tersebut, Nyoman mewanti-wanti agar para pengendara lebih meningkatkan kewaspadaan dan tidak terburu-buru serta mentaati peraturan lalu lintas. Hal itu, kata dia, demi keselamatan dan sebagai salah satu upaya mencegah kecelakaan.

“Salah satunya jika berkendara merasa capek, mengantuk atau sebagainya alangkah baiknya berhenti atau menepi sejenak, kalau sudah kondisi pulih, bisa dilanjutkan lagi. Karena kecelakaan terjadi banyak disebabkan kelalaian pengedara,” tutup dia.(*)

Baca Juga  Tekan Kecelakaan Lalu Lintas, KAI Tutup Empat Perlintasan KA

Editor : Ikhsan Mahmudi
Publisher : Albafillah

Baca Juga

Hendak Menyeberang Jalan, Warga Besuk Tertabrak Trail di Jalur Paiton

Probolinggo,- Kecelakaan maut terjadi di jalur Pantura Paiton, tepatnya di jalan raya Desa Pondokkelor. Peristiwa …