Antisipasi Banjir Susulan, Sungai Legundi Segera Dikeruk

KEDOPOK-PANTURA7.com, Pemerintah Kota (Pemkot) Probolinggo tengah berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur, terkait banjir di wilayahnya. Sebab Sungai Legundi yang menyebabkan banjir, merupakan wewenang Pemprov Jatim.

Wali Kota Probolinggo Hadi Zainal Abidin menyebut, banjir yang terjadi di dua kelurahan di Kecamatan Kedopok, merupakan air kiriman dari wilayah selatan Probolinggo. Kesimpulan itu dapat setelah ia mengecek lokasi terdampak.

“Saya memantau banjir di sungai Legundi. Memang di lokasi ada bongkahan kayu, bambu dan pohon pisang yang menyumbat saluran di jembatan di kawasan Kareng Lor,” kata Wali Kota.

Ia menambahkan, sebelumnya Sungai Legundi memang langganan banjir apalagi saat ada erupsi Bromo. “Kami bersama Provinsi Jawa Timur akan mencari langkah-langkah supaya (banjir) bisa diantisipasi,” paparnya.

Kalaksa BPBD Kota Probolinggo Sugito Prasetyo menuturkan, sebelum banjir menerjang Kecamatan Kedopok, terjadi hujan dengan intensitas tinggi di daerah penyangga Sungai Legundi. Seperti di daerah Kecamatan Bantaran dan beberapa kecamatan di wilayah selatan Kabupaten Probolinggo.

Puncaknya, sambung Sugito, sekitar pukul 16.00 – 17.00 WIB, banjir meninggi dengan membawa material bambu dan pepohonan di sejumlah jembatan di Pasar Wonoasih hingga jembatan di wilayah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Sumber Wetan.

“Diantara jembatan-jembatan itu, materialnya menumpuk. Karena material yang sudah menumpuk di sisi timur, maka air sungai meluber ke utara dan selatan jalan,” tutur Sugito.

Diketahui, Sungai Legundi yang membelah wilayah selatan Kota Probolinggo meluap, Jum’at (26/2/2021) petang. Luapan sungai ini menyebabkan Kelurahan Kedopok dan Kareng Lor, Kecamatan Kedopok, terendam banjir. (*)


Editor : Efendi Muhammad
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga  Janji Muluk Nurkholis usai Resmi Jabat Pj Wali Kota Probolinggo, Apa Itu?

Baca Juga

Maaf! Tidak Ada WFH di Pemkot Probolinggo, ASN Wajib Ngantor

Probolinggo,- Pemerintah Kota (Pemkot) Probolinggo memutuskan untuk tidak menerapkan kebijakan Work From Home (WFH). Seluruh …