Tes Rapid Antigen di Pelabuhan, Banyak Nelayan ‘Ngacir’

SUMBERASIH-PANTURA7.com, Satgas Penanganan dan Percepatan Covid 19 Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo, menggelar tes rapid antigen di Pelabuhan Tanjung Tembaga Mayangan, Kota Probolinggo, Sabtu (16/01/2021) pagi.

Rapit tes di pelabuhan penyeberangan ditujukan kepada warga yang hendak masuk atau baru datang dari Pulai Gili Ketapang. Dimulai sejak pukul 8.00 WIB hingga 11.00 WIB, sedikitnya 30 warga terjaring tes cepat deteksi Covid-19 ini.

Pantauan PANTURA7.com, tak sedikit warga maupun nelayan pemilik kapal yang menjauh begitu mengetahui ada tes rapid antigen. Tak heran jika selama sekitar 3 jam menggelar tes, petugas hanya mendapati 30 orang saja.

Salah satu pendaftar tes, Holifah mengaku, ia ikut rapid tes bukan karena akan berangkat atau baru datang dari Pulau Gili. Melainkan karena tuntutan profesi sebagai tenaga pengajar yang wajib ikut tes rapid antigen.

“Saya ikut rapid antigen ini karena mendapat info bahwa tenaga pengajar wajib rapid tes. Selain itu, tidak nututi rapid di depan Polsek Sumberasih karena kesiangan sehingga ikut disini,” terang guru Taman Kanak-kanan (TK) Jangur ini.

Camat Sumberasih, Wiwit Suryaningsih menyebut, rapid tes antigen itu memang diperuntukkan bagi warga Pulau Gili. “Namun ada juga warga di Kecamatan Sumberasih, yakni beberapa orang guru pengajar yang ikut rapid tes,” ujar Wiwit.

Mantan Kabag Humas Pemkab Probolinggo ini menambahkan, tes rapid antigen dilakukan untuk mengetahui kesehatan masyarakat, khususnya warga Pulau Gili Ketapang. Hasilnya, 30 orang yang dites, terkonfirmasi non-reaktif.

“Tes ini untuk mengetahui kesehatan masyarakat ditengan pandemi virus korona, sehingga potensi penyebaran Covid-19 bisa ditekan sedini mungkin,” papar Wiwit. (ST1)


Editor : Efendi Muhamad
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga  Kaya Khasiat, Degan Bakar Khas Probolinggo Diburu Warga saat Penghujan

Baca Juga

Arus Mudik Lebaran, Sopir dan Kru Bus Diperiksa Kesehatan

Probolinggo,- Untuk memastikan kesehatan sopir dan kru bus, Dinas Kesehatan dan P2KB Kota Probolinggo, bersama …