Pekan Depan, ada Vaksinasi Massal di Probolinggo, 3.626 Nakes Mengawali

KRAKSAAN-PANTURA7.com, Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Probolinggo segera dilakukan. Satuan Tugas Percepatan dan Penanganan Covid-19 setempat memastikan, para tenaga kesehatan (Nakes) akan menjadi kelompok pertama yang akan disuntik vaksin.

Juru Bicara (Jubir) Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo, dr. Dewi Vironica mengatakan, vaksinasi akan dimulai pada Kamis (14/1/2021) pekan depan. Dalam proses awal, vaksinasi akan dipecah menjadi 3 tahap.

“Pada tahapan pertama, terdapat 3.626 nakes yang akan divaksin. Meliputi dokter, bidan perawat hingga pegawai rumah sakit maupun puskesmas di Kabupaten Probolinggo,” kata dr. Viro, Senin (4/1/2021).

Selanjutnya, jelas dr. Viro, vaksinasi akan menyasar petugas pelayan publik, yang jumlahnya sebanyak 1. 652 orang. Golongan ini meliputi anggota TNI/Polri dan beberapa instansi yang terlibat kontak langsung dengan masyarakat.

“Selanjutnya pada tahap ketiga, vaksinasi Covid-19 menyasar kelompok rentan, yaitu warga yang berumur 18 tahun sampai 59 tahun,” tukas dokter berparas elok ini.

Dikatakannya, kelompok rentan ini masih dalam tahap pendataan. “Kalau nakes setor datanya sampai hari ini, tapi sudah kami selesaikan sejak beberapa hari sebelumnya,” tandas dr. Viro.

Data penerima vaksin yang terakumulasi saat ini, menurut dr. Viro, kemungkinan akan bertambah. Saat ini, pihaknya tinggal menunggu vaksin yang akan dikirim oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

“Vaksinisasi rencananya serentak pada Kamis depan, tetapi bisa maju atau mundur. Proses vaksinasinya nanti, nantinya akan disuntik sampai dua kali,” tutup nakes kelahiran Balikpapan ini. (*)


Editor : Efendi Muhamad
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga  Puluhan Nakes Terinfeksi Covid-19, IGD Rumah Sakit Purut Tutup

Baca Juga

Arus Mudik Lebaran, Sopir dan Kru Bus Diperiksa Kesehatan

Probolinggo,- Untuk memastikan kesehatan sopir dan kru bus, Dinas Kesehatan dan P2KB Kota Probolinggo, bersama …