Tergetar Dengar Alquran, Tahanan Masuk Islam

PAJARAKAN-PANTURA7.com, Santoso (26) warga Dusun Pojok, Desa Ledokombo, Kecamatan Sumber, Kabupaten Probolinggo yang sedang ditahan di ruang tahanan Mapolres Probolinggo akhirnya menjadi mualaf. Ia memutuskan masuk Islam setelah hatinya bergetar saat mendengar alunan ayat Alquran dari balik jeruji besi.

Santoso yang empat bulan ditahan selama proses hukum akhirnya mengucapkan kalimat syahadat di Masjid Amanullah di komplek Mapolres Probolinggo, Rabu (30/12/2020). Disaksikan sejumlah anggota polisi, ia tampak berbinar-binar.

Ia mengaku, lega setelah meninggalkan agama lamanya yang dianut keluarganya. “Setiap kali mendengar orang ngaji, pasti hati saya bergetar. Sampai akhirnya dengan keyakinan dan tekad yang sudah bulat saya bilang ke petugas kalau mau masuk agama Islam,” kata Santoso usai menandatangani surat pernyataan memeluk agama Islam.

Usai bersyahadat, Santoso mengaku, hatinya tenang. Ke depannya, ia berjanji akan belajar dan lebih mendalami tuntutan agama yang dibawa Nabi Muhammad SAW tersebut dengan sungguh-sungguh.

“Alasan saya pribadi memilih Islam, karena menurut saya yang paling baik dan benar, tidak ada paksaan baik dari teman-teman di tahanan. Murni memang sering bingung kalau mendengar orang ngaji seperti ingin ikut juga,” tutur ayah satu anak ini.

Sementara itu, Kasat Tahti Iptu Suhartono mengatakan, sejak dirinya menjabat selama lima tahun, sudah ada dua tahanan yang memilih masuk Islam. Pertama, kata dia, seorang wanita yang merupakan tahanan narkoba asal Banyuwangi, kemudian Santoso.

“Kemungkinan mereka mendapat hidayah setelah setiap hari mendengar kalimat suci dan kegiatan kewajiban shalat berjamaah setiap hari bagi para tahanan muslim. Sehingga hatinya tergugah dan memutuskan memeluk agama Islam. Tugas kami selanjutnya, tinggal membimbing,” ujarnya. (*)


Editor : Ikhsan Mahmudi
Publisher : A. Zainullah FT

Baca Juga  Ada Ops Keselamatan Semeru 2022, Pengguna Jalan Wajib Hindari 8 Pelanggaran ini

Baca Juga

Libur Panjang Kenaikan Isa Al Masih, 30 Ribu Tiket KA Daop 9 Jember ‘Sold Out’

Probolinggo,- Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 9 Jember menyiapkan 37.060 tempat duduk pada libur Kenaikan …