Bibit Mangrove Ditebang, Abrasi Pantai Mengancam

PAITON-PANTURA7.com, Ribuan bibit pohon mangrove di Pantai Randutatah (Duta) Desa Randutatah, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo dirusak orang tak bertanggung jawab.  Kerugiannya ditaksir mencapai puluhan juta rupiah.

Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Pantai Duta, Abdul Aziz mengatakan, pengrusakan bibit pohon mangrove di lokasi konservasi oleh orang tak dikenal itu diketahui pada Minggu (6/12/2020) lalu.

“Total ada sekitar 5000 bibit mangrove yang dirusak. Kejadiannya malam hari, sehingga pelaku tidak diketahui meskipun di sekitar pantai duta sudah ada penjaganya (satpam),” kata Aziz, Jumat (11/12/2020).

Benih mangrove yang dirusak, lanjut Aziz, berada di sisi bagian barat Pantai Duta. Biasanya, kawasan tersebut memang menjadi tempat pembenihan. Bibit mangrove yang dirusak, rencananya akan ditanam dibagian timur lokasi pantai duta untuk mencegah abrasi.

“Rencanya hendak ditanam dibagian timur lokasi wisata, sebab sudah mulai terjadi abrasi. Nah belum ditanam ini sudah dirusak orang. Selain itu mangrove ini juga dijual jika ada yang memesan, biasanya pemesan dari luar daerah,” ungkap dia.

Akibat penebangan tersebut, sambung Aziz, pihaknya mengalami kerugian sekitar Rp 10 juta. Kerugian itu, menurutnya, hanya untuk bebit saja, tidak termasuk biaya perawatan selama 7 bulan.

“Sangat disayangkan, karena pembenihan itu bertujuan baik dan sangat penting untuk menjaga garis pantai agar ombak tidak sampai ke daratan,” sesal Aziz. (*)


Editor : Efendi Muhamad
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga  Selfie di Alun-alun Kraksaan, Motor Lenyap

Baca Juga

Banjir Lahar Hujan Susulan Hantui Warga Lereng Semeru Lumajang

Lumajang,- Banjir lahar hujan Gunung Semeru yang menerjang sepanjang Daerah Aliran Sungai (DAS), Rabu (24/4/2024), …